VIDEO: Gitar Kualitas Premium Karya Perajin Lokal Diminati Musisi Luar Negeri

VIDEO: Gitar Kualitas Premium Karya Perajin Lokal Diminati Musisi Luar Negeri

Barang handmade memiliki sentuhan emosional si pembuatnya. Seperti yang dilakukan perajin gitar, Aris Gondo asal Sidoarjo. Menurutnya barang handmade setara dengan pekerjaan seni. Meskipun bengkelnya terlihat sederhana, namun gitar yang dihasilkan gitar kualitas premium atau grade A.

Tak hanya musisi tanah air yang memesan gitar di Gondo, tetapi musisi luar negeri asal Taiwan dan Belanda juga menjadi salah satu pelanggan Gondo. Berikut kita simak pemberitaannya pada Liputan6, (28/5/2021).

Di bengkel gitar sederhana di garasi rumahnya di Sidoarjo inilah, Aris Gondo setiap hari membuat gitar jenis akustik dan elektrik. Meski hanya seorang diri, Gondo mampu menyelesaikan pesanan gitar jenis premium atau grade A, pesanan musisi terkenal tak hanya di Tanah Air, seperti grup band rock Power Metal, namun juga musisi luar negeri, dari Negara Belanda dan Taiwan.

Keistimewaan gitar buatan Gondo ini, seluruh material menggunakan kayu jenis mahoni dan rosewood. Seluruh proses pembuatan dibuat dengan karya seni tinggi. Bagian gitar yang paling menentukan suara adalah rangka gitar. Sehingga diperlukan keahlian tersendiri dalam merakitnya.

Jika ada kesalahan konstruksi sedikit saja, maka bisa dipastikan bunyi gitar, fals.Lama pembuatan satu gitar jenis akustik, maupun elektrik bisa memakan waktu sebulan, bahkan lebih.

Kelebihan gitar buatan Gondo yang lain, yakni, pemesan gitar atau musisi bisa memesan sesuai dengan karakteristik jenis musik yang dimainkan, seperti rock, jazz, atau blues. Suara gitar yang dibuat juga akan berbeda sesuai dengan musik yang dimainkan.

"Tingkat kesulitan memang gitar itu rumit banget, mulai dari nilai artistiknya, fleksibiliti, suaranya, sangat pengaruh besar, jadi pengerjaannya harus serius, ndak boleh main-main, pemasaran belum pernah ke luar negeri, cuma orang luar negerinya yang ke sini," terang Aris Gondo, Pembuat Gitar.

Dengan kelebihan tersebut, wajar jika harga satu gitar buatan tangan ini cukup mahal, yakni dijual Rp 2,5 juta sampai Rp 7 juta.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 31 May 2021, 10:00 WIB

Video Terkait

Spotlights