VIDEO: Ribuan Ubur-Ubur Mangrove Muncul di Perairan Pelabuhan Probolinggo

Oleh Yusron Fahmi pada 28 Mei 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 28 Mei 2021, 10:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Ribuan ubur-ubur terlihat mengambang di permukaan air di sekitar Pelabuhan Tanjung Tembaga, dan Pelabuhan Perikanan Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur. Ubur-ubur ini diperkirakan berjenis Acromitus Flagellatus atau ubur-ubur mangrove sungai yang tidak menyengat.

Kehadiran ubur-ubur ini menjadi daya tarik warga yang datang, namun untuk para nelayan fenomena ini justru mengganggu mereka dalam mencari ikan. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, (26/5/2021).

Ada pemandangan menarik di Pelabuhan Tanjung Tembaga dan Pelabuhan Perikanan Mayangan, Kota Probolinggo. Ribuan ubur-ubur tampak mengambang dan berenang bebas di perairan kedua pelabuhan tersebut.

Ubur-ubur hadir saat perubahan cuaca, dari musim penghujan ke musim kemarau. Anehnya, mereka mulai muncul di permukaan air jelang siang dan sore hari. Ubur-ubur ini diperkirakan berjenis Acromitus Flagellatus atau ubur-ubur mangrove sungai yang tidak menyengat sehingga tidak berbahaya.

Kehadirannya menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi anak-anak yang berkunjung ke pelabuhan bersama keluarganya. Namun bagi pemancing, kehadiran ubur-ubur cukup mengganggu. Karena memang hadirnya ubur-ubur ini terjadi hampir setiap tahun di pesisir Laut Jawa, sepanjang pantai wilayah Probolinggo.

Diperkirakan mereka hadir untuk mencari makanan kegemarannya, yakni, plankton yang banyak terdapat di sekitar pantai wilayah tersebut.