VIDEO: 2 Pekerja Tewas di Dalam Tangki Truk Pupuk Cair

Oleh Yusron Fahmi pada 25 Mei 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 25 Mei 2021, 09:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Petugas BNPB membantu evakuasi dua jasad yang meninggal dunia di tangki truk bermuatan pupuk cair. Kejadian berawal dari sopir truk akan mengisi pupuk cair ke dalam tangki truk, namun karena tidak sengaja menghirup sisa gas dari pupuk hingga jatuh pingsan.

Melihat rekannya pingsan di dalam tangki, Irul membantu dan kejadian kurang beruntung juga dialami yakni kehabisan oksigen. Hingga pada akhirnya meninggal berdua di dalam tangki tersebut. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, (24/5/2021).

Jasad dua pekerja bernama Samsul Lubis (45) dan Irul (40) ini langsung disemayamkan di kamar jenazah Rumah Sakit Umum dr Hartoyo Lumajang. Peristiwa naas itu terjadi, saat mereka melakukan bongkar muat pupuk cair di penampungan milik CV Hasil Karya di Desa Besuk, Kecamatan Tempeh, Lumajang, Minggu dini hari.

Namun pipa saluran di dalam tangki tersumbat, hingga Samsul sang pengemudi, dibantu rekannya Irul masuk ke dalamnya untuk membersihkan. Tak disangka di dalam tangki masih terdapat gas sisa pupuk, kedua korban langsung pingsan dan akhirnya tewas di dalam tangki pupuk berkapasitas 5000 liter itu.

“Ada yang tersumbat, dia turun untuk mencari sumber sumbatan itu, terus temannya Irul juga membantu untuk menyelesaikan sumbatan itu, di dalam tangki, Irul teriak minta tolong, dan temannya yang ada di luar mencoba untuk menolong, tapi tidak mampu,” terang Wawan Hadi Siswoyo, Petugas BPBD Kabupaten Lumajang.

Sementara, rekan-rekan mereka yang berniat menolong berhasil selamat, lantaran tak jatuh ke dalam tangki. Korban langsung dilarikan ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan. Kini kasus kecelakaan kerja tersebut ditangani Polisi Sektor Tempeh Polres Lumajang.