VIDEO: Mencicipi Lezatnya Kaldu Kokot Melegenda Asal Pamekasan

Oleh Yusron Fahmi pada 11 Apr 2021, 10:50 WIB
Diperbarui 11 Apr 2021, 10:50 WIB

Liputan6.com, Jakarta Selain karapan sapi, Pulau Madura juga dikenal kulinernya yang melegenda dan nikmat, karena kaya akan rempah. Salah satunya yakni, kaldu kokot, kuliner khas pamekasan berbahan utama kaki sapi ini dijamin bisa memanjakan lidah. Seperti apa nikmatnya kaldu kokot ini....? Berikut liputannya untuk Anda, pada Liputan6, (7/4/2021).

Madura menyimpan kuliner khas dan melegenda, yang dijamin bisa menggoyang lidah bagi yang mencicipinya. Salah satunya kuliner kaki sapi, atau yang lebih dikenal dalam Bahasa Madura kaldu kokot di warung Paggun Enga’ Kelurahan Bugih, Pamekasan.

Untuk membuat kuliner ini, pertama, kaki sapi direbus hingga matang. Air hasil rebusan tadi digunakan sebagai kaldu, dan ditambahkan berbagai bumbu rempah. Kikil sapi yang sudah empuk disajikan di piring, kemudian diberi mi, taoge, lontong, lalu disiram dengan bumbu kacang yang sudah diulek halus.

Sebagai pelengkap ditambahkan krupuk singkong. Cara menikmati kuliner ini juga tergolong unik, yakni dengan menggunakan sedotan untuk mengambil sumsum dari dalam tulang. Kuliner kaldu kokot ini digemari seluruh lapisan masyarakat, karena rasanya yang gurih dari lemak sumsum tulang sapi. Berpadu dengan kacang dan kaldu dijamin bisa menggoyang lidah siapa saja yang menikmatinya.

“Sumsumnya itu yang ada di dalam tulang, biasanya ditusuk dengan sedotan, baru setelah itu disedot, untuk memastikan bahwa semua sumsum itu sudah tersedot, nah ditambahi kuahnya, dan kealamian itulah yang oleh banyak orang dianggap sensasi sendiri, dan menurut saya bukan sensasinya, karena memang enak dimakan,” ungkap Badrut Tamam, Penikmat Kaldu Kokot.

Maimunah, pemilik warung generasi ketiga ini mengaku, meski lokasinya jauh dari keramaian, namun tetap diserbu pelanggan. Dalam sehari warung kaldu kokot milik Maimunah ini bisa menghabiskan hingga 60 kaki sapi.

Satu porsi kaldu kokot dijual dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000 tergantung besar kecilnya kaki sapi yang dihidangkan. Jadi jika Anda berkunjung ke Pamekasan, tak lengkap rasanya jika tidak merasakan kelezatan kuliner yang satu ini.