VIDEO: Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Robohkan Rumah

Oleh Yusron Fahmi pada 23 Mar 2021, 12:17 WIB
Diperbarui 23 Mar 2021, 12:17 WIB

Liputan6.com, Jakarta Cuaca ekstrem pergantian musim hujan ke musim kemarau, terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Seperti yang terjadi di Pasuruan, pohon besar di tepi jalan tumbang diterjang angin kencang, hingga menimpa sebuah mobil penumpang umum. Sementara di Pamekasan rumah warga ambruk setelah diterjang angin kencang dan hujan deras. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, (22/3/2021).

Pohon jenis trembesi berdiamter 60 centimeter, tumbang dan menimpa mobil penumpang umum di Jalan Mangkrengan, Kecamatan Grati, Pasuruan, pada Sabtu sore. Petugas BPBD setempat berusaha mengevakuasi pohon menggunakan mesin pemotong kayu.

Upaya evakuasi mengalami kendala, lantaran pohon yang tumbang cukup besar dan melintang di jalan raya. Hingga membuat kemacetan lalu lintas di jalur Pantura. Tidak ada korban dalam musibah ini, karena mobil tidak mengangkut penumpang. Namun, pengemudi MPU mengaku sangat kaget dengan peristiwa itu.

Sementara di Pamekasan, angin kencang dan hujan deras membuat rumah warga di Desa Durbuk, Kecamatan Pademawu ambruk. Rumah milik Mistiyah, nenek renta yang terbuat dari bambu tersebut rata dengan tanah.

Tak hanya bangunan rumah, perabot rumah tangga rusak tertimpa material rumah yang ambruk. Tidak ada korban dalam peristiwa ini, karena pemilik rumah sempat keluar saat hujan deras dan angin kencang terjadi.

“Di rumah ini tinggal sendirian, karena udah janda, anak-anaknya udah pada kerja nukang di jawa, belum datang sampai sekarang, belum tahu keadaan rumah ibunya ini roboh kayak gini, dari pihak desa merencanakan supaya bisa berdiri lagi,” terang Sudarsono, Sekretaris Desa Durbuk.

Warga dan perangkat desa, serta aparat TNI bergotong royong menyingkirkan material rumah yang roboh. Sementara, Mistiyah diungsikan ke rumah kerabatnya.