VIDEO: Klenteng Teng Swie Bio Tidak Memandikan Patung Dewa Musik

Oleh Yusron Fahmi pada 14 Feb 2021, 21:05 WIB
Diperbarui 14 Feb 2021, 21:05 WIB

Liputan6.com, Jakarta Jelang Tahun Baru Imlek, umat Tionghoa di Klenteng Teng Swie Bio, Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, memilih meniadakan ritual mencuci dewa musik, karena perayaan Imlek tahun ini masih masa pandemi Covid-19. Tak hanya itu, pengurus juga meniadakan perayaan di klenteng, umat Tionghoa diimbau berdoa dan merayakan di rumah masing-masing. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, (11/2/2021).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di masa pandemi Covid-19 ini, jelang Imlek. Umat Tionghoa di klenteng Teng Swie Bio, Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, memilih tidak mencuci patung Dewa Musik yang menjadi ciri khas di klenteng Teng Swie Bio.

Para pengurus, serta umat Tionghoa di klenteng ini hanya membersihkan tempat secara rutin, serta mengganti baju para dewa. Perayaan Imlek, saat pandemi Covid-19 saat ini, pengurus juga meniadakan perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina di klenteng, dengan tidak menggelar pertunjukan barongsai. Hingga ritual Chi Swa atau tolak bala yang biasa dilaksanakan jelang perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina.

“Untuk tahun ini, kelihatannya kita ndak melakukan ritual mandi, karena dari tempat ibadah lain juga sama, kita minta izin sama kong cho, mak cho, ternyata beliaunya tidak mau dimandiin, jadi hanya kita bersihkan dan kita ganti baju aja,” terang Hengky Rianto, Pengurus Klenteng.  

Pengurus klenteng, meminta umat Tri Dharma untuk tetap berdoa di rumah masing-masing bersama keluarga dan memohon agar pandemi Covid-19 di Indonesia dan di dunia segera berakhir.