VIDEO: Beginilah Aksi Ki Dalang Ompong Sudarsono Menggelar Wayang Kontemporer

VIDEO: Beginilah Aksi Ki Dalang Ompong Sudarsono Menggelar Wayang Kontemporer

Seorang seniman asal Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar wayang kontemporer bertema blang bleng srawung alam, atau kembali berteman dengan alam, di Monumen Jayandaru Alun-alun Sidoarjo. Dalam pesannya, seniman ini mengajak seluruh masyarakat dalam menghadapi pandemi covid ini, agar kembali ke alam, serta memberikan dukungan moril agar tidak takut dengan pandemi Covid-19. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, (8/1/2021).

Dengan mengecat putih wajahnya dan memakai asesoris dedaunan, Ki Ompong Sudarsono menggelar aksi tunggal di Alun-alun Sidoarjo, tepat di depan Monumen Jayandaru. Awalnya, Ki Ompong Sudarsono melakonkan wayang seorang diri, kemudian dilanjutkan memerankan tokoh dua wayang kulit yang dibawanya, yakni, Bagong dan Hasan.

Wayang Bagong mewakili karakter masyarakat Jawa pada umumnya, sedangkan wayang Hasan adalah santri. Dalam dialog itu, Ki Dalang dan dua wayang membahas serius perihal semakin jauhnya manusia dari alam. Sehingga dengan mudah terjangkit pandemi Covid-19.

Dalam pesannya, Ki Dalang Ompong menghimbau manusia kembali kepada alam, apapun kondisi yang sedang terjadi. Manusia sebagai makhluk yang berbudaya dan bertuhan tidak boleh takut berlebihan terhadap Covid-19, meski tidak boleh melupakan protokol kesehatan.

"Saya menyelenggarakan pementasan wayang kontemporer, wayang blang bleng ini, seperti juga sering saya jelaskan, sebagai sarana komunikasi, sarana informasi, sarana edukasi, khususnya untuk kalangan milenial, dan sebagai sarana sebagian daripada mewakili gambaran budaya-budaya yang sudah ada," Ki Dalang Ompong Sudarsono, Seniman Budayawan.

Setelah memainkan wayang, Dalang Ompong Sudarsono berkeliling alun-alun sebagai simbol mengelilingi benteng kerajaan. Aksi dalang unik ini menarik perhatian sejumlah pengguna jalan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 10 January 2021, 16:37 WIB

Video Terkait

Spotlights