VIDEO: Umrah Kembali Dihentikan, Jemaah Asal Jember Tak Bisa Pulang

VIDEO: Umrah Kembali Dihentikan, Jemaah Asal Jember Tak Bisa Pulang

Setelah sempat dibuka beberapa waktu lalu, pelaksanaan umrah kembali dihentikan Pemerintah Arab Saudi. Penutupan sementara diduga menyusul perkembangan terbaru COVID-19. Kondisi itu berdampak pada puluhan jemaah asal Jember, Jawa Timur, yang berangkat 14 Desember 2020 lalu, tetapi hingga kini tertahan, dan belum diizinkan pulang.

Kementerian Agama dan Biro Penyelenggara Umrah di Jember, terus mensosialisasikan dihentikannya kembali ibadah umrah oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Penutupan sementara diberlakukan sejak 23 Desember 2020 lalu, bagi calon jemaah umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Meski kembali harus bersabar, para calon jemaah mengaku optimistis ibadah umrah akan kembali dibuka setelah pandemi mereda.

"Intinya kalau kami selaku jemaah mengikuti aturan yang ada, oleh karena ini kami terus meng update informasi dengan pihak travel, bagaimana kepastian berangkatnya, cuma kami selaku jemaah mengharap, betul-betul ketika keberangkatan sudah dipastikan keamanan kami, kesehatan kami dan keselamatan kami," kata Manisjo, Calon Jemaah Umrah.

Kebijakan penutupan umrah juga berdampak pada puluhan jemaah asal Jember, yang berangkat 14 Desember 2020 lalu. Mereka hingga kini belum diizinkan pulang, dan masih tertahan di Arab Saudi.

Penghentian sementara pelaksanaan ibadah umrah sendiri, diduga menyusul perkembangan terbaru dari COVID-19. Meski demikian, seluruh biaya akomodasi bagi jemaah umrah yang tertahan akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Indonesia.

"Kalau masalah angka, kita ndak punya angka, karena memang untuk umrah itu lebih banyak otoritas travel, kalau haji memang mulai data jumlah, by name, by address kami ngerti, tapi kalau umrah ini memang menjadi otoritas biro travel," ujar Ahmad Tholabi, Kasi Haji Umrah Kemenag Jember, Fokus, 29 Desember 2020.

Kantor Kementerian Agama dan Biro Penyelenggara Umrah juga masih menunggu perkembangan terbaru, seputar pelaksanaan umrah yang terus dievaluasi oleh pihak otorisasi penyelenggara umrah di Arab Saudi.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 31 December 2020, 08:21 WIB

Video Terkait

Spotlights