VIDEO: Banjir Terjang Desa Selorejo Jombang, Ketinggian Air Capai 1 Meter

VIDEO: Banjir Terjang Desa Selorejo Jombang, Ketinggian Air Capai 1 Meter

Hujan yang mengguyur wilayah selatan Jombang, Jawa Timur, membuat sejumlah pemukiman terendam banjir, pada Sabtu hingga Minggu dini hari.

Ketinggian air mencapai 1 meter, membuat sejumlah warga terjebak banjir di dalam rumah. Petugas BPBD dibantu warga, berupaya mengevakuasi lansia yang terjebak banjir.

Ketinggian banjir yang mencapai 1 meter, membuat petugas BPBD harus mengevakuasi beberapa warga. Di Desa Selorejo, Kecamatan Mojowarno, Jombang, seorang penderita gangguan jiwa, harus dievakuasi meski sempat berontak. Petugas juga mengevakuasi nenek yang dalam kondisi sakit dari dalam rumah.

Sejumlah warga lainnya, mengevakuasi perabotan rumah tangga, ke tempat yang aman untuk menghindari barang hilang terbawa banjir. Derasnya arus banjir, yang diduga merupakan air kiriman dari wilayah pegunungan ini, juga merendam sejumlah kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4 milik warga juga terjebak banjir.

"Banjir naik, kalau dari Dusun Mojodadi tadi jam 8, air mulai masuk ke permukiman warga, untuk ketinggian air tadi sekitar 40--80 centimeter, kalau sekarang mungkin sudah 1,5 meter lebih, dari info awal tadi sekitar 30 KK yang terendam air, banjir dari luapan Sungai Selorejo," kata Ari Hidayanto, Petugas BPBD Jombang, seperti dilansir dari Liputan6, 28 Desember 2020.

Banjir diperkirakan mulai masuk ke pemukiman warga karena curah hujan yang tinggi, dan dangkalnya sungai, membuat air banjir dengan cepat meluap ke pemukiman warga.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 29 December 2020, 20:18 WIB

Video Terkait

Spotlights