VIDEO: Warga Madiun Sulap Cangkang Telur Jadi Lukisan Bernilai Tinggi

VIDEO: Warga Madiun Sulap Cangkang Telur Jadi Lukisan Bernilai Tinggi

Seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur, mampu menyulap limbah yang biasanya dibuang sia-sia, menjadi sebuah karya seni bernilai tinggi. Pemuda ini mampu menghasilkan karya lukisan dari cangkang telur.

Selain untuk lukisan, kulit telur ini juga dimanfaatkan untuk mempercantik pot bunga. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 18 Desember 2020.

Inilah sebagian hasil karya Ervan Dwi Susilo (24), warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. Sekilas lukisan tokoh nasional, seperti Soekarno, dan Jenderal Soedirman ini, diwarnai menggunakan cat. Namun, siapa sangka, karya lukisan ini berasal dari bahan cangkang telur atau lapisan kulit telur.

Dan ternyata, selain halus, degradasi warnanya sungguh menakjubkan. Padahal, semua lukisan ini, pewarnaannya sama sekali tidak menggunakan cat, melainkan dari cangkang telur. Selain lukisan, cangkang telur juga dimanfaatkan untuk mempercantik pot bunga, dengan sentuhan bernilai seni tinggi.

Bahan cangkang telur sebelumnya, dia kumpulkan dari sisa masakan ibunya atau tetangga sekitar. Setelah terkumpul, dan dibersihkan, cangkang telur lalu dijemur di bawah terik sinar matahari. Setelah kering, baru digunakan untuk melukis. Ide melukis seperti ini, dilakukan Ervan sejak tahun 2015.

Bermula ketika bapaknya pulang hajatan ke tetangga, dan membawa nasi lengkap dengan lauk pauknya. Usai makan, tak sengaja tangannya tertempel cangkang telur. Itulah awal dia mempunyai ide kreatif memanfaatkan barang yang sebenarnya dibuang percuma, menjadi karya seni berkualitas.

Kini saat pandemi, bisa membantu menopang ekonomi keluarga. Karena sehari-hari Ervan hanya bekerja sebagai karyawan lepas bagian kebersihan, di salah satu kantor pemerintahan setempat.

Untuk membuat satu lukisan, dibutuhkan waktu hingga sebulan, tergantung tingkat kesulitan dan besarnya lukisan. Untuk lukisan cangkang telur dijual sekitar Rp 800 ribu. Sedangkan untuk pot bunga, dijual dengan harga Rp 30 ribu hingga Rp 45 ribu.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 December 2020, 21:32 WIB

Video Terkait

Spotlights