VIDEO: Petani Resah, Hama Tikus Rusak Persemaian Padi di Bojonegoro

VIDEO: Petani Resah, Hama Tikus Rusak Persemaian Padi di Bojonegoro

Hama tikus merusak persemaian padi milik para petani di sejumlah wilayah di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Memasuki awal musim tanam tahun ini, seperti yang dirasakan para petani di Desa Wotan, Kecamatan Sumberejo, Bojonegoro.

Hama tikus yang mewabah dan sulit ditanggulangi, membuat petani sempat resah. Area persemaian padi yang mereka siapkan untuk cocok tanam, rusak diserang hama tikus.

Kondisi tersebut tak hanya berdampak pada kerugian yang besar, akibat terlanjur menebar benih, tapi juga membuat petani khawatir akan mengalami gagal tanam. Untuk mengantisipasinya, sejumlah petani berusaha memasang pagar plastik, dengan biaya tambahan yang cukup besar.

Sebab upaya lainnya, seperti pemberian racun dan obat-obatan tidak membuahkan hasil. Hama tikus ini menyerang persemaian padi pada waktu malam hari.

Hal ini karena saat siang hari, tikus-tikus tersebut seperti menghilang. Diduga persembunyian di lubang-lubang tanah yang banyak terdapat di sekitar pematang sawah. Demikian diberitakan pada Liputan6, 17 November 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 November 2020, 16:04 WIB

Video Terkait

Spotlights