VIDEO: Perajin Tas Tali Kaca Banjir Pesanan Berkat Inovasi Lukisan Air Brush

VIDEO: Perajin Tas Tali Kaca Banjir Pesanan Berkat Inovasi Lukisan Air Brush

Berdiam di rumah tak harus kehilangan penghasilan. Seperti halnya yang terjadi pada sekelompok warga di Jember, Jawa Timur, yang mengisi waktu luang selama pandemi COVID-19, dengan memproduksi tas lukisan air brush dari bahan tali kaca.

Meski awalnya hanya iseng, tetapi produk mereka ternyata diminati pasar dan jadi bisnis yang menjanjikan. Berikut dilansir pada Fokus, 11 November 2020.

Pantang menyerah, inilah seakan yang ditunjukkan oleh sekelompok warga di Desa Bagorejo, Kecamatan Gumukmas, Jember, Jawa Timur.

Sempat terpuruk gara-gara harus berdiam di rumah akibat pandemi COVID-19, mereka mencoba bangkit, dengan membuat kerajinan tangan berbahan tali kaca. Helai demi helai tali kaca dianyam, sehingga menghasilkan ragam model tas, dompet, hingga wadah tisu yang cantik.

Aneka handycraft atau karya kerajinan tangan ini semakin bernilai jual tinggi, setelah dipadu dengan teknik decoupage, yakni semacam seni tempel bermotif bunga, hingga boneka. Bahkan tak cukup itu, sebagian hasil kerajinan juga dimodifikasi dengan seni lukisan air brush, atau teknik lukis dengan tekanan udara.

Alhasil, tas tali kaca yang awalnya terkesan kuno, kini terlihat lebih menawan dengan sentuhan motif lukisan. Ide pembuatan kerajinan ini sendiri bermula dari coba-coba. Berawal dikerjakan untuk mengisi waktu luang, selama berdiam di rumah, akibat pandemi COVID-19.

"Kalau selama ini kita mengenal anyaman tali kaca, itu sudah seperti tas yang sudah umum, jadi kita buat hanya warnanya baru, desainnya baru, ada gambarnya, terus ini kita kembangkan dalam suasana yang sepi, jadi kita kembangkan ke inovasi baru, jadi buat bentuk-bentuk yang baru, kayak tas-tas model baru, kemudian ada keranjang pakaian tadi, jadi kita manfaatkan waktu ini untuk berinovasi," ujar Hanifah, Perajin Tas Tali Kaca.

Namun, respons pemesan ternyata di luar dugaan. Dipasarkan melalui media sosial maupun aplikasi belanja daring, permintaan kerajinan berbahan tali kaca ini terus mengalir dari berbagai kota. Harga tas maupun dompet tali kaca ini dibanderol bervariasi, mulai Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu per buah, tergantung ukuran dan motifnya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 15 November 2020, 16:56 WIB

Video Terkait

Spotlights