VIDEO: Kapal Muatan Solar Terbakar di Perairan Probolinggo

VIDEO: Kapal Muatan Solar Terbakar di Perairan Probolinggo

Musibah kebakaran menimpa sebuah kapal yang mengangkut 22 drum solar di perairan Gili Ketapang Probolinggo. Kebakaran diduga akibat kebocoran pada selang BBM yang menyambar mesin kapal. Berikut diberitakan pada Fokus, 30 Oktober 2020.

Dalam video yang dibuat komunitas snorkling, Jawa Timur, terlihat asap hitam pekat membumbung tinggi, hingga membuat warga sekitar berhamburan memadati pantai. Dalam waktu singkat, api dengan cepat membakar kapal beserta isinya.

Beruntung saat kejadian, nahkoda kapal berhasil menyelamatkan diri, saat kapal hangus dilalap si jago merah. Saat kebakaran, kapal sedang mengangkut 22 drum solar yang rencana akan dipindahkan ke dermaga, melalui mesin penyedot cairan atau alkon.

"Diduga karena kelalaian, saat menyalurkan BBM dari kapal tersebut ke dermaga, ada kebocoran dari selang, kemudian menetes ke mesin alkon, jadi sehingga timbul percikan terjadilah kebakaran, untuk peristiwa ini korban jiwa nihil," ujar AKP Slamet Prayitno, Kasat Polair Polres Probolinggo.

Dari total 22 drum solar yang diangkut, hanya 9 drum yang bisa diselamatkan, dengan cara dilempar ke laut. Polisi masih menyelidiki untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran kapal yang mengalami kerugian material mencapai ratusan juta rupiah ini.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 November 2020, 18:48 WIB

Video Terkait

Spotlights