VIDEO: Menikmati Oleh-Oleh Khas Lumajang Strudel Durian Semeru

Oleh Agustina Melani pada 18 Okt 2020, 18:33 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 18:33 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penggemar buah durian, makan buah durian langsung mungkin sudah biasa, tapi makan kue olahan dari buah durian bolehlah dicoba.

Di Lumajang, Jawa Timur, olahan kue strudel menggunakan bahan buah durian mentega semeru. Rasa kue strudel dengan krispi di luar, dan lumer aroma durian terasa memanjakan lidah. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 14 Oktober 2020.

Dibantu lima orang karyawannya, Sri Utami (32), warga Perumahan Bumi Rejo Permai, Desa Sumberejo, Kecamatan Sukodono, Lumajang, membuat kue strudel berbahan buah durian mentega semeru. Usaha pembuatan kue strudel ini, sudah ia geluti bersama suaminya sejak 4 tahunan lalu.

Berawal saat dia melihat melimpahnya buah durian, di lereng Gunung Semeru. Strudel durian semeru yang dia buat, ternyata diminati banyak warga, terutama para penggemar buah durian dari berbagai kota di Indonesia.

Selain enak, kue strudel berbahan buah durian ini kaya akan manfaat bagi tubuh, karena mengandung antioksidan, kalium, dan serat. 

Untuk membuat kue ini diperlukan beberapa proses. Pertama, belah buah durian, pisahkan daging dengan bijinya, dan haluskan daging durian yang akan dipakai. Selanjutnya, buat adonan tepung, dan pipihkan menjadi lembaran sesuai ukuran yang diinginkan. Lalu masukkan daging durian di dalamnya, dan diolesi putih telur, dan tutup kue dengan melipatnya.

Berikutnya, kue diolesi kuning telur, dan keju di atasnya agar lebih nikmat dan cantik. Terakhir, kue dioven selama 30 menit, dengan suhu hingga 180 derajat celcius.

Ada 12 varian rasa kue strudel buatan Sri Utami, namun kue strudel durian yang paling digemari. Kue strudel durian semeru, enak dinikmati saat hangat. Sebab selain krispi diluar, lumer daging durian mentega terasa khas.

“Banyak peminatnya, akhirnya saya coba untuk mengaplikasikan ke strudel saya, kebetulan yang seneng itu, mesti dia akan kembali, dan mereka kadang tidak jadi beli strudel, kalau strudel duriannya ndak ada,” papar Sri Utami, Pembuat Kue Strudel Durian.

Harganya pun cukup terjangkau, satu kotak kue strudel durian semeru ini, hanya dibanderol dengan harga Rp 35.000. Dalam sehari, usaha rumahan ini memproduksi ratusan boks kue strudel, dan dikirim ke berbagai kota di Indonesia seperti, Surabaya, Tangerang, hingga Tasikmalaya.