VIDEO: Pemkot Surabaya Wajibkan ASN Ganti Pakaian Sebelum Masuk Kantor

Oleh Agustina Melani pada 27 Agu 2020, 23:41 WIB
Diperbarui 27 Agu 2020, 23:41 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengeluarkan surat edaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Surabaya, wajib ganti pakaian saat ke kantor.

Pemkot Surabaya beralasan hal ini sebagai upaya mencegah penularan COVID-19, bagi Organisasi Perangkat Daerah atau OPD di Pemkot Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengeluarkan surat edaran kepada ASN di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya, yang mewajibkan ASN berganti baju saat berada di kantor. Surat edaran itu, ditandatangani Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini per 24 Agustus 2020.

Kebijakan mewajibkan ASN ganti pakaian ketika masuk kantor ini, menurut Kabag Humas Pemkot Surabaya, merupakan hasil analisa Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Surabaya, tentang adanya beberapa kejadian konfirmasi positif COVID-19 di OPD Pemkot Surabaya.

Kebijakan ini sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 pada ASN di seluruh OPD, karena disebutkan penularan COVID-19 juga bisa melalui udara.

"Pandemi virus ini menurut para ahli juga bisa berada melalui udara, atas dasar itulah langkah antisipasi saja untuk kita saling menjaga, kemudian juga di surat tersebut ada terkait ketentuan bahwa untuk tidak saling bertukar makanan," ujar Febriaditya Prajatara, Kabag Humas Pemkot Surabaya.

Kewajiban ganti pakaian di kantor, juga mendapat tanggapan positif para pegawai.

"Sangat antusias sekali, karena untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini, kita dianjurkan untuk ganti pakaian di kantor," kata Suyadi, ASN Pemkot Surabaya.

Kebijakan itu diharapkan efektif mencegah penularan COVID-19, sekaligus menjaga agar tubuh bersih, ketika masuk dan berada di lingkungan kerja kantor.

Selain ganti pakaian, dalam Surat Edaran Wali Kota Tri Rismaharini tersebut juga mewajibkan para ASN membersihkan diri sebelum masuk kantor, dengan cara wajib masuk bilik disinfektan dan cuci tangan. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 26 Agustus 2020.