VIDEO: Proses Pemakaman Jenazah COVID-19 di Jember Pakai Tangan Kosong, Mengapa?

VIDEO: Proses Pemakaman Jenazah COVID-19 di Jember Pakai Tangan Kosong, Mengapa?

Dalam rekaman sebuah video amatir petugas pemakaman dengan pakaian APD lengkap menurunkan tanah ke liang lahat menggunakan tangan dan bambu, saat menguburkan jenazah seorang pasien COVID-19.

Video yang sempat viral ini terjadi di TPU Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Jember. Salah seorang petugas pemakaman, Elsas mengatakan sebelumnya mereka telah berupaya meminjam cangkul, tapi permintaan itu ditolak warga sekitar, sehingga mereka terpaksa menggunakan tangan kosong dan bambu untuk mengeruk tanah ke dalam liang lahat.

"Waktu penggantian itu ada tenda juga di situ, setelah ambulans mau datang, jenazah mau datang itu dibongkar semua dan cangkul-cangkul itu sudah diambil sama masyarakat," Elsas, Petugas Pemakaman.

Selama bertugas menguburkan jenazah pasien COVID-19, petugas pemakaman sebenarnya sudah dibekali dengan peralatan penguburan, tetapi pada saat itu peralatan berupa sekop tertinggal di posko usai dipergunakan mengubur jenazah yang lainnya. Demikian seperti diberitakan pada Fokus, 13 Agustus 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 August 2020, 08:33 WIB

Video Terkait

Spotlights