VIDEO: Tukang Becak Jalani Tes Cepat di Pendopo Kecamatan

VIDEO: Tukang Becak Jalani Tes Cepat di Pendopo Kecamatan

Raut wajah sedih terlihat dari puluhan pengemudi becak yang baru saja menjalani rapid test atau tes cepat massal di Pendopo Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur, Kamis siang.

Meski tes cepat diberikan secara gratis, dan sebagian besar dinyatakan non reaktif, tetapi mereka tetap tak mampu menyembunyikan kekecewaannya.

Karena, sebelumnya berharap akan memperoleh bantuan sembako. Terlebih sebelumnya tidak ada penjelasan rinci tentang maksud mereka diundang datang ke Pendopo Kecamatan.

Sebagian bahkan mengaku diajak petugas saat sedang menunggu penumpang, agar datang lebih awal. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 17 Juli 2020.

"Lagi kerja disuruh ke sini, namanya orang awam ndak enak, disangka di kasih bantuan, ndak tahunya cuma diambil darahnya, banyak yang kecewa teman saya," ungkap Mohammad Sahid, Pengemudi Becak.

Petugas mengaku ada kesalahan informasi di awal, sehingga upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di kalangan pengemudi becak ini direspons kekecewaan.

"Untuk miskomunikasi mungkin ada beberapa memang, karena tukang becak yang tidak tahu informasi datang dikira mendapatkan bantuan, tetapi untuk bantuan transportasi sudah diberikan minggu yang lalu dan pada hari ini agendanya hanya melaksanakan rapid test," ujar Gatot Triyono, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Jember.

Selain pengemudi becak, tes cepat massal juga diberlakukan serentak kepada para pengemudi ojek, sopir angkutan kota, angkutan desa, maupun juru parkir.

Hasil rapid test yang umumnya non reaktif, seharusnya menjadi kabar baik bagi para pengemudi becak ini. Karena mereka tetap bisa menjalankan aktivitasnya membawa penumpang.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 23 July 2020, 00:30 WIB

Video Terkait

Spotlights