VIDEO: Petugas RS Bujuk Pasien COVID-19 yang Kabur dari Ruang Isolasi

Oleh Agustina Melani pada 18 Jul 2020, 23:32 WIB
Diperbarui 18 Jul 2020, 23:32 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rekaman video amatir terlihat petugas Rumah Sakit Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, yang mengenakan alat pelindung diri, keluar dari halaman gedung isolasi.

Petugas yang menemukan pasien kabur kemudian membujuk dan membawanya kembali masuk ke ruang isolasi. Berikut seperti dilansir pada program Fokus, 16 Juli 2020.

Saat dikonfirmasi, pihak rumah sakit membenarkan status pasien ini masih dalam penanganan medis, setelah dinyatakan terpapar COVID-19.

Pasien sengaja kabur, karena khawatir harus menanggung biaya perawatan yang mahal, lantaran ia dirawat di ruang isolasi bekas paviliun VIP, yang beralih fungsi untuk menampung pasien COVID-19.

"Dan ternyata pasiennya rupanya merasa ini tempat isolasinya bagus sekali, karena memang kita ruang isolasi ruang paviliun, sehingga Beliau merasa ini nanti biayanya menjadi tinggi,” terang Kohar Hari Santoso, Direktur Rumah Sakit Saiful Anwar.

Agar kejadian ini tidak terulang, pihak rumah sakit akan memperketat pengawasan di pintu keluar masuk ruang isolasi pasien COVID-19.