VIDEO: TNI dan Polri di Trenggalek Gelar Simulasi Penanganan Jenazah COVID-19

VIDEO: TNI dan Polri di Trenggalek Gelar Simulasi Penanganan Jenazah COVID-19

Meski belum ada korban jiwa akibat COVID-19 di Trenggalek, Jawa Timur, tetapi , pihak Kepolisian dan TNI melakukan langkah antisipasi sejak dini.

Yakni dengan menggelar simulasi penanganan jenazah terpapar COVID-19, hingga proses pemakaman. Upaya tersebut juga untuk membantu tenaga relawan apabila diperlukan. Berikut videonya pada Liputan6,20 April 2020.

Dalam simulasi yang digelar di Mapolres Trenggalek ini, aparat polisi dan TNI serta relawan diajarkan tentang tata cara penanganan atau pemulasaran jenazah Covid-19 sesuai standar Kementerian Kesehatan.

Instruktur pelatihan dari Tim Dinas Kesehatan dan RSUD Dr Soedomo, Trenggalek. Para peserta ini diajarkan mulai tata cara memakai dan melepas alat pelindung diri atau APD. Sebab apabila penggunaan APD salah, perlindungan diri tidak bisa berjalan maksimal.

Selanjutnya, simulasi cara menangani jenazah yang terpapar Covid-19, diawali dari jenazah dibungkus empat lapis, mulai dari plastik, kain kafan, plastik kedua, kantong jenazah serta dimasukkan dalam peti.

Pengamanan berlapis tersebut dilakukan agar cairan tidak ada yang keluar. Tahapan simulasi berakhir sampai dengan prosesi pemakaman. TNI-Polri dan relawan siap untuk memberikan dukungan penuh terhadap proses pemakaman, khusus bagi jenazah terpapar Covid-19.

Sejauh ini di Trenggalek, terdapat 13 PDP dan satu warga yang positif Covid-19. Kepolisian dan Pemerintah Kabupaten Trenggalek telah memperketat pengawasan terhadap warga pendatang untuk memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 26 April 2020, 17:00 WIB

Video Terkait

Spotlights