VIDEO: Pemkab Jombang Siapkan Gedung Sekolah untuk Karantina 725 Orang Pemudik

VIDEO: Pemkab Jombang Siapkan Gedung Sekolah untuk Karantina 725 Orang Pemudik

Mudik dan pulang ke kampung halamannya, ratusan orang dengan risiko (ODR), di Jombang, Jawa Timur, dikarantina di gedung sekolah. Ratusan warga ini terpaksa dikarantina, karena datang dari berbagai daerah yang sudah terpapar virus Covid-19.

Nekat mudik dan pulang ke kampung halaman, 725 orang dengan risiko (ODR), asal Kabupaten Jombang, terpaksa dikarantina di gedung sekolah. Seperti yang terlihat di SDN Kebonagung, Kecamatan Ploso, Jombang. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, 14 April 2020.

Salah satu yang dikarantina di gedung sekolah, adalah satu keluarga yang mudik atau pulang kampung dari perantauan di Makassar, Sulawesi Selatan. Keluarga ini mengaku nekat mudik, karena kondisi ekonomi yang tidak menentu di perantauan. Sehingga mereka terpaksa memilih pulang kampung ke tanah kelahirannya.

"Untuk standarisasi sebenarnya 14 hari, dimana, setiap hari dilakukan pemantauan secara rutin oleh petugas kesehatan, baik itu bidan desa yang ada di Polides maupun Poskesdes," ungkap Budi Winarno, Humas Gugus Covid-19.

Pihak Pemkab Jombang sudah menyediakan gedung sekolah di 21 kecamatan untuk karantina para pemudik. Mereka akan didata oleh masing-masing desa dan akan dilakukan karantina selama 14 hari.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 April 2020, 20:05 WIB

Video Terkait

Spotlights