VIDEO: Pemprov Jatim Siapkan RSJ Menur Jadi Rumah Sakit Penanganan Corona

Oleh Agustina Melani pada 21 Mar 2020, 14:32 WIB
Diperbarui 21 Mar 2020, 14:32 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan Rumah Sakit Jiwa Menur sebagai rumah sakit pusat penanganan pasien corona baru yang memicu COVID-19. Dengan dilengkapi Ruang Isolasi Khusus dan Ruang Observasi dengan 100 tempat tidur.

Sementara itu, Komisi IV DPRD Kabupaten Pamekasan melakukan inspeksi mendadak ke RSUD dr H. Slamet Martodirjo Pamekasan, untuk memastikan kesiapan ruang isolasi khusus untuk rujukan bagi pasien Covid-19.

Langkah antisipasi dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, untuk menyiapkan rumah sakit khusus penanganan pasien corona. Gedung baru di Rumah Sakit Jiwa Menur, Surabaya ini telah disiapkan sebagai tempat perawatan pasien positif terjangkit virus corona, dengan daya tampung 100 pasien corona.

Ruang observasi ditempatkan bagi pasien yang berstatus orang dalam pemantauan atau ODP, dan ruang isolasi khusus untuk pasien berstatus pasien dalam pengawasan atau PDP.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Selasa sore meninjau langsung persiapan RSJ Menur sebagai rumah sakit pusat perawatan pasien corona. Seperti kesiapan tim medis, fasilitas, dan peralatan medis.

Sementara itu, Komisi IV, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kabupaten Pamekasan dipimpin ketuanya Mohammad Sahur melakukan sidak ke RSUD dr. Slamet Martodirjo.

Sidak untuk memastikan kesiapan rumah sakit dalam menghadapi penyebaran virus corona baru atau Covid-19. Karena rumah sakit ini, menjadi salah satu rumah sakit rujukan bagi pasien corona baru. Pihak rumah sakit sendiri saat ini sudah membentuk tim medis khusus untuk menangani pasien Covid-19, selain itu juga menyediakan ruangan khusus.

Sebagai langkah antisipasi, rumah sakit juga menyediakan screening seluruh pasien yang datang atau setiap pengunjung yang lewat melalui pintu, serta membatasi para pengunjung. Demikian diberitakan pada Fokus, 19 Maret 2020.