VIDEO: Mahasiswa Pertukaran RI-China Asal Jember Kuliah Lewat Video Streaming

VIDEO: Mahasiswa Pertukaran RI-China Asal Jember Kuliah Lewat Video Streaming

Merebaknya Covid-19, atau virus corona baru tidak mengurangi antusias mahasiswa Program Pertukaran RI-China di Jember, Jawa Timur untuk tetap melanjutkan studinya.

Meski proses kuliah harus dilakukan secara daring, tapi mereka tetap semangat mengikuti materi yang diberikan para dosen di China melalui aplikasi video streaming.

Hampir satu bulan sudah, Mohammad Ainur Rizky berada di kampung halamannya di Perumahan Villa Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember.

Padahal semestinya, mahasiswa asal Kampus Politeknik Jember ini masih berada di China dalam rangka program studi pertukaran mahasiswa di Changzhou Institute of Mechatronic Technology, Jiangsu. Merebaknya Covid-19, memaksa Rizky dan puluhan mahasiswa Pertukaran RI-China asal Jember harus dipulangkan.

Kendati demikian, merebaknya Covid-19 tidak mengurangi semangat Rizky dan kawan-kawan untuk tetap melanjutkan studinya di China. Mereka tetap semangat mengikuti materi yang diberikan para dosen di China melalui aplikasi video streaming.

Hampir setiap hari di jam-jam tertentu, Rizky tampak konsentrasi di depan layar laptop, untuk menerima materi perkuliahan secara daring maupun mengerjakan tugas-tugas yang diberikan para dosennya di China.

"Kendala utama untuk kuliah online jarak jauh pada sinyal, jika sinyal bagus masih bisa nyambung terus, namun jika sinyal kurang bagus maka penjelasan yang diterima bisa berbeda," ungkap Rizky.

Sesekali pihak kampus juga datang untuk melakukan monitoring, sekaligus memastikan proses perkuliahan tetap berlangsung dengan baik. Rizky tidak sendiri, tapi ada puluhan mahasiswa peserta Program Pertukaran RI-China di Jember yang optimistis masih dapat terus melanjutkan studinya hingga lulus, di tengah merebaknya Covid-19. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 13 Maret 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 13 March 2020, 21:30 WIB

Video Terkait

Spotlights