VIDEO: Terkendala Data Kependudukan, Keluarga Miskin Ini Belum Peroleh Layanan Kesehatan

VIDEO: Terkendala Data Kependudukan, Keluarga Miskin Ini Belum Peroleh Layanan Kesehatan

Di tengah kondisi kemiskinan yang dialami sepasang kakak beradik di Jember, Jawa Timur, harus hidup penuh keprihatinan lantaran mengalami buta dan lumpuh.

Nasib keduanya kian miris, sebab mimpi memperoleh layanan pengobatan gratis, terkendala administrasi kependudukan yang tak memenuhi syarat. Video kondisi sepasang kakak beradik itu pun langsung viral setelah diunggah ke media sosial. Berikut kita simak video liputannya pada Fokus, 11 Februari 2020.

Beginilah kondisi kakak beradik warga Desa Karang Paiton, Kecamatan Ledokombo, Jember, dari video amatir warga. Kondisi Muhammad, usia 30 tahun, dan Yani, usia 25 tahun, itu pun langsung viral setelah diunggah ke media sosial oleh salah seorang warga. Kebutaan yang diderita sejak lahir, membuat Muhammad dan Yani hanya bisa tergolek lemah diatas kasur beton di rumahnya.

Kondisinya tampak tak terurus. Tak hanya kurus kering, sekujur tubuhnya juga kotor. Jika ingin berjalan, keduanya harus digendong ataupun berjalan menumpu pada tangan dan pantat di atas lantai tanah rumahnya.

Di rumahnya yang hanya berdinding kayu dan bambu, Muhammad dan Yani hidup bersama ibunya, Iyah, usia 65 tahun. Setelah bercerai dengan suaminya sekitar 20 tahun lalu, Iyah mencari nafkah dengan bekerja sebagai buruh tani. Diakui sang ibu, kebutaan, lumpuh dan tak bisa berbicara yang dialami kedua anaknya merupakan cacat bawaan sejak lahir.

Kondisi keprihatinan yang dialami keluarga miskin ini sebenarnya sudah diketahui oleh perangkat desa setempat. Namun, program pengobatan gratis masih terkendala persyaratan administrasi data kependudukan yakni bukan ber-KTP setempat.

Keluarga Iyah dan anaknya masih tercatat sebagai warga Desa Sukosari, Kecamatan Sukowono, Jember. Perangkat Desa Karang Paiton kini masih melakukan proses perubahan data kependudukan, agar nasib tragis keluarga miskin itu bisa segera teratasi.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 February 2020, 14:10 WIB

Video Terkait

Spotlights