VIDEO: Ingin Punya Usaha? Yuk Coba Membatik Pakai Teknik Shibori

VIDEO: Ingin Punya Usaha? Yuk Coba Membatik Pakai Teknik Shibori

Beragam cara bisa dilakukan untuk melestarikan peninggalan leluhur, yaitu batik. Salah satunya dengan mengkombinasikan teknik shibori, dari Jepang, yang menjadikan teknik membatik berbeda dilakukan oleh mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya.

Seperti apa keseruan teknik batik shibori, berikut liputannya pada Fokus, 22 Januari 2020. Membatik dengan teknik shibori, kini kian populer digemari masyarakat di Indonesia. Sebab biasanya membatik secara manual menggunakan canting, dan malam panas.

Namun, dengan teknik shibori, membatik lebih mudah dalam pengerjaannya. Karena tidak perlu mencanting dan sebagainya. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Universitas Nahdhatul Ulama Surabaya.

Bahan yang perlu disiapkan, di antaranya kain putih batik, atau biasa disebut primisima, pewarna batik, karet gelang atau tali rapia untuk pengikat, kelereng atau batu kecil untuk pola, serta air secukupnya.

Pengerjaannya, kain putih yang akan dibatik dililit atau melipat kain dengan benang. Lalu mencelupkan pada zat pewarna hingga membentuk pola. Bergantung pada teknik melipat, sehingga pola yang dibentuk bervariatif. Dengan teknik melipat kain yang benar, pola batik shibori bisa dapat berbentuk seni lukis yang menarik.

Dalam proses pembuatannya, tidak memerlukan waktu lama, bahkan hanya 10 menit, batik yang diinginkan bisa didapat dan dipakai ke acara formal maupun informal.

Workshop pembuatan kain batik shibori ini merupakan bagian dari materi ujian akhir mahasiswa. Diharapkan melalui workshop ini, mahasiswa mampu berinovasi dan bisa membuka peluang usaha batik.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 25 January 2020, 14:00 WIB

Video Terkait

Spotlights