VIDEO: Kurma Jenis Ajwa Tumbuh di Ponorogo, Emak-Emak Serbu Ingin Beli

Oleh Agustina Melani pada 19 Jan 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 19 Jan 2020, 15:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pohon kurma jenis ajwa, atau kurma nabi, berukuran besar, tumbuh subur, dan berbuah di Ponorogo, Jawa Timur. Warga pun, terutama ibu-ibu menyerbu untuk bisa membelinya. Mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, sejumlah polisi berjaga-jaga di lokasi.

Sejak beberapa hari ini, sejumlah warga terus berdatangan ke rumah Budijono, di Desa Plosojenar, Kecamatan Kauman, Ponorogo. Kedatangan mereka, untuk bisa melihat dari dekat, dan membeli buah kurma yang tumbuh di depan rumahnya.

Sejumlah ibu-ibu dari beberapa kota, selain ingin membeli, banyak juga yang hanya sekadar berswafoto berlatar pohon kurma yang tumbuh sejak 15 tahun yang lalu. Berikut video liputannya pada Fokus, 16 Januari 2020.

Sementara itu Budijono mengaku, pohon kurma miliknya sudah berbuah tiga kali. Dia masih tidak percaya jika biji buah kurma yang dia lempar di teras rumah kala itu, bisa tumbuh. Apalagi kurma yang tumbuh ini, adalah jenis pohon kurma nabi atau ajwa.

Tak jarang di antara mereka, terutama ibu-ibu membeli buah kurma muda, yang diyakini sebagai salah satu upaya agar bisa hamil. Sebab, mereka beranggapan dengan mengkonsumsi buah kurma muda bisa menambah kesuburan kandungan.

Lantaran banyak warga yang datang, sejumlah polisi pun disiagakan di lokasi. Sementara Budijono menjual buah kurma muda, kepada yang benar-benar membutuhkan. Dia juga membatasi jumlah pembelian. Satu orang maksimal 3 ons, dengan harga Rp 15 ribu.