VIDEO: Rawa Kumuh di Banyuwangi Disulap Jadi Wisata Keluarga

Oleh Agustina Melani pada 10 Jan 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 10 Jan 2020, 19:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pantai Cacalan di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, kini makin ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya pemandangan pantai berlatar Selat Bali saja di kawasan pantai yang ada di tengah kota ini, masyarakat bisa menikmati wisata baru, berupa hamparan tanaman bakau yang tumbuh subur di atas rawa seluas 1 hektar. 

Untuk menikmati rindangnya pohon bakau di muara pantai ini, pengunjung bisa menggunakan perahu kano yang disediakan pengelola pantai, dengan hanya sewa Rp 10.000. Bagi yang tidak bisa berenang tak perlu khawatir, karena rawa ini kedalamannya tidak sampai 50 cm sehingga orangtua bisa mengajak anaknya.

Sebelumnya, rawa ini hanya rawa kumuh yang dipenuhi sampah dari sungai di atasnya. Prihatin dengan pencemaran lingkungan, warga secara swadaya membersihkan dan menanami rawa dengan pohon bakau.

Setelah satu tahun lebih, melakukan pembersihan dan penghijauan, hasilnya, kini bisa dinikmati oleh masyarakat banyak. Burung-burung kini banyak yang hinggap di sekitar rawa, serta benih ikan yang dulu disebar, kini sudah mulai besar di habitat barunya.

Selain sebagai wisata edukasi alam, dengan bermain kano diharapkan anak-anak bisa memacu adrenalinnya, mengajarkan menjadi anak yang pemberani.

Pengunjung juga bisa menikmati sore hari dengan bersantai di warung-warung yang tersedia di tepi pantai sambil menikmati kuliner ikan bakar. Tiket masuk di tempat wisata ini juga sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000 per orang, sudah termasuk biaya parkir kendaraannya.

Mari kita simak videonya pada Liputan6, 7 Januari 2020