VIDEO: Polisi Siapkan Pelampung dan Kentongan Antisipasi Banjir di Gresik

VIDEO: Polisi Siapkan Pelampung dan Kentongan Antisipasi Banjir di Gresik

Guna mengantisipasi banjir yang kerap terjadi di wilayah Gresik bagian selatan, akibat luapan Kali Lamong, jajaran Kepolisian di Gresik, Jawa Timur, membagikan ratusan pelampung dari ban dalam mobil beserta kentongan, kepada warga di tiga kecamatan.

Sementara itu, Polda Jatim juga menyiapkan peralatan SAR dan pasukan Brimob yang siap diterjunkan ke lokasi bencana. Sebanyak 100 pelampung dari ban dalam dan kentongan, dibagikan ke sejumlah desa yang tersebar di tiga kecamatan yang menjadi langganan banjir dampak meluapnya Kali Lamong. Seperti yang dilakukan di Desa Iker-Iker Geger, Kecamatan Cerme, Gresik yang menjadi lokasi banjir terparah saat Kali Lamong meluap.

Selain membagikan pelampung ban dan kentongan, polisi juga membagikan tali tambang untuk evakuasi sebagai pegangan saat arus banjir deras, dan juga memasang sejumlah jalur evakuasi, agar masyarakat tidak salah dalam menyelamatkan diri saat banjir tiba-tiba datang. Dengan berbagai upaya antisipatif tersebut, diharapkan bisa menekan timbulnya korban jiwa, bila banjir terjadi.

Langkah antisipatif dalam menghadapi bencana banjir, juga dilakukan jajaran Polda Jawa Timur, dengan menyiagakan personelnya yang siap diterjunkan ke lokasi bencana.

Selain membuka posko tanggap bencana bersama jajaran di 39 Polres di seluruh wilayah Jawa Timur, Polda Jatim juga menyiapkan pasukan Brimob yang sudah dibekali kemampuan khusus dalam SAR yang siap diterjunkan ke lokasi bencana.

Peralatan tanggap bencana berupa dua unit mobil rescue, perahu karet dan berbagai peralatan penyelamat lainnya, juga telah disiapkan. Polda Jawa Timur juga menyiagakan satu pleton pasukan Sabhara yang mempunyai kemampuan khusus dalam penanggulangan bencana alam seperti bencana tanah longsor, banjir maupun bencana lainnya.

Bersama TNI, SAR, Tim Tagana dan Pemerintah Daerah, saat ini, Polda Jatim siap antisipasi terhadap segala bentuk bencana alam yang mungkin akan terjadi di Jawa Timur. Demikian diberitakan pada Liputan6, 7 Januari 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 09 January 2020, 18:00 WIB

Video Terkait

Spotlights