VIDEO: Anggota Pramuka SMP dan SMA se-Jawa Timur Tanam Pohon di Lereng Bromo

Oleh Agustina Melani pada 31 Des 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 14:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 200 anggota Pramuka tingkat pelajar SMP dan SMA perwakilan dari berbagai kota di Jawa Timur meluangkan waktu Liburan Natal dan Tahun Baru kali ini untuk menanam pohon atau reboisasi di lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Baledono, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Sekitar 4.000 pohon produksi jenis pinus dan salam ditanam di salah satu bukit di desa tersebut, yang selama ini gundul. Pada 2015 lalu, Desa Baledono menjadi daerah terdampak longsor dan banjir bandang, akibat penggundulan hutan. Berikut simak videonya pada Liputan6, (29/12/2019).

Kegiatan yang diinisiasi Kampung Pancar Air sebuah komunitas peduli lingkungan ini, bermaksud untuk mengajak pelajar, terutama anggota Pramuka untuk lebih memahami pentingnya reboisasi atau penanaman pohon, sebagai upaya menjaga lingkungan dari kerusakan, akibat ulah manusia.

"Generasi bangsa kita supaya peduli lingkungan, dan penanaman pohon pada hari, merupakan apresiasi dari penumbuhan karakter anak bangsa lewat kepanduan atau kepramukaan, dan inilah yang kita butuhkan terus menerus kita tumbuhkan supaya, anak-anak kita tertanam dalam jiwanya untuk selalu melestarikan alam,” kata Sugiarto, Penggiat Lingkungan.

Meski digelar hanya sehari, tapi antusias para pelajar Pramuka ini cukup tinggi, dan mereka berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan lagi di waktu-waktu mendatang