VIDEO: Satgas Pangan Gresik Musnahkan Makanan dan Minuman Tak Layak

VIDEO: Satgas Pangan Gresik Musnahkan Makanan dan Minuman Tak Layak

Sidak Diskoperindag Kabupaten Gresik, Jawa Timur dibantu Satgas Pangan Polres Gresik, Kodim 0817 Gresik, Dinas Pertanian dan BPOM, Rabu siang menyasar pasar modern di Kecamatan Kebomas Gresik.

Petugas menemukan 25 minuman kemasan botol dalam kondisi kemasan yang rusak atau penyok dan kadaluarsa. Tak hanya itu, petugas juga mendapati susu kaleng penyok dan berkarat.

Tumpukan bumbu basah yang ditemukan petugas juga didapati izin edarnya sudah mati. Petugas kemudian mendata dan menyita sekaligus memberikan teguran dan pembinaan di tempat.

Untuk bumbu basah yang izin edarnya mati, petugas menghimbau agar segera memperpanjang izin edarnya kepada supplier, makanan minuman sitaan yang tidak layak konsumsi, kemudian dimusnahkan sendiri oleh pihak swalayan di depan petugas.

Di pasar modern lain, di kawasan Kebomas Gresik, petugas juga menemukan mamin yang tidak layak konsumsi, di antaranya 10 Kg jeruk impor asal China dalam kondisi berjamur dan busuk. Duapuluh dua minuman kaleng impor dalam kondisi kaleng rusak dan berkarat.

Sidak mamin jelang libur Natal dan Tahun Baru ini digelar untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Sidak makanan dan minuman ini akan rutin digelar tidak hanya saat menjelang Nataru dan hari-hari biasa, baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Demikian diberitakan pada Fokus, 24 Desember 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 26 December 2019, 12:53 WIB

Video Terkait

Spotlights