VIDEO: Pohon Natal GKJW di Jombang Terbuat dari Limbah Kulit Jagung

Oleh Agustina Melani pada 26 Des 2019, 07:23 WIB
Diperbarui 26 Des 2019, 07:23 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pohon Natal dari pohon cemara, mungkin sudah biasa kita lihat. Nah di Jombang, Jawa Timur, terdapat pohon Natal raksasa, berbahan dasar limbah kulit jagung.

Pengurus gereja sengaja membuat pohon Natal dari limbah, untuk memberikan pesan kepada umat kristiani tentang artinya kepedulian terhadap lingkungan, pada momen Natal nanti. Mari kita simak videonya pada Fokus, 24 Desember 2019.

Pohon Natal unik ini ada di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), di Desa Kaliwungu, Jombang, Jawa Timur. Pohon Natal raksasa ini terbuat dari limbah kulit jagung.

Untuk membuat pohon setinggi 5 meter ini, membutuhkan 100 Kg limbah daun jagung serta buah jagung sebagai hiasannya. Untuk kerangkanya, dibuat dari pohon bambu yang dirancang mirip pohon natal sesungguhnya.

Tak lupa, sejumlah pernak-pernik seperti lampu hias dan bola khas natal juga lengkap ditempelkan pada pohon. Butuh waktu seminggu untuk menyelesaikan pohon natal berdiameter 2 meter tersebut.

Pengurus gereja mengaku sengaja membuat pohon natal dari limbah, untuk memberikan pesan kepada umat kristiani tentang artinya kepedulian terhadap lingkungan, pada momen Natal nanti.

Sebab, pihak panitia gereja mengaku ikut andil dalam melaksanakan gerakan Go Green, untuk memberikan peran jemaat dalam pelestarian lingkungan di sekitar gereja dan umat kristiani.

Diharapkan dengan adanya momen unik pohon Natal raksasa dari limbah kulit jagung bisa menyadarkan warga masyarakat tentang pentingnya arti peduli lingkungan.