VIDEO: Emak-Emak di Sidoarjo dan Pacitan Keluhkan Naiknya Harga Kebutuhan Pokok

VIDEO: Emak-Emak di Sidoarjo dan Pacitan Keluhkan Naiknya Harga Kebutuhan Pokok

Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di berbagai daerah di Jawa Timur, terus merangkak naik jelang Natal dan Tahun Baru. Di Sidoarjo, kenaikan signifikan terjadi pada jenis bawah merang merah yang mencapai belasan ribu rupiah per kilogramnya. Sementara di Pacitan, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional mulai naik terlebih pada komoditas cabai.

Kenaikan harga sayuran terjadi di Pasar Tradisional Larangan, Sidoarjo, sejak tiga hari terakhir. Kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada bawang merah, yang sebelumnya hanya Rp 22.000 per kilogramnya, kini naik menjadi Rp. 36.000 per kilogramnya. Selain bawang merah, kenaikan juga terjadi pada bawang putih, dan cabai merah.

Bawang putih harganya Rp 28.000, naik dari harga sebelumnya Rp. 26.000. Sedangkan harga cabai merah, dari Rp 18.000, menjadi Rp. 24.000 per kilogramnya. Sementara, harga-harga jenis sayuran lain, dan juga telur, masih relatif stabil. Kenaikan harga tersebut dikeluhkan warga.

Sementara di Pasar Minulyo, Kabupaten Pacitan, sejak seminggu yang lalu tampak lengang. Kalaupun ada pembeli, hanya bisa dihitung dengan jari. Menurut pedagang, sepinya pembeli, akibat adanya kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok. Seperti harga cabai yang saat ini mencapai Rp. 32.000. Padahal sebelumnya, hanya Rp. 27.000 per kilogramnya.

Selain cabai, kenaikan juga terjadi pada bawang merah, yang harganya Rp 30.000, padahal sebelumnya Rp. 26.000 per kilogramnya. Sementara harga beras, naik antara Rp. 200 hingga Rp 500 per kilogramnya. Warga berharap pemerintah segera turun tangan agar harga tidak terus merangkak naik. Demikian diberitakan pada Liputan6,18 Desember 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 December 2019, 22:45 WIB

Video Terkait

Spotlights