VIDEO: Baru Direnovasi, Atap SDN Keting di Jember Ambruk

Oleh Agustina Melani pada 17 Des 2019, 17:52 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 17:52 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Atap bangunan  SDN di Jember, Jawa Timur ambruk, selang beberapa hari setelah direnovasi, dan mulai digunakan belajar mengajar. Tidak ada korban saat peristiwa terjadi, karena para siswa sedang latihan upacara di halaman sekolah, namun sempat membuat para siswa syok dan ketakutan.

Sebuah kamera ponsel warga, merekam suasana atap bangunan kelas V, SDN Keting 2, Kecamatan Jombang, Jember, Jawa Timur ambruk pada Sabtu pagi. Beruntung para siswa tidak ada yang terluka, karena saat kejadian, seluruh siswa sedang berlatih upacara di halaman sekolah.

Meski demikian, insiden itu sempat membuat mereka berteriak histeris. Sebelum ambruk, sempat terdengar suara berdecit. Dan tak lama kemudian seluruh atap bangunan ambruk menimpa bangku maupun perabotan di bawahnya.

Ambruknya atap bangunan sekolah ini mengejutkan pihak sekolah. Sebab, bangunan itu baru saja selesai direnovasi, dan baru beberapa hari ditempati belajar mengajar. Pihak pelaksana proyek bahkan masih belum serah terima bangunan tersebut pada Dinas Pendidikan Kabupaten setempat.

Selain merusak bangunan ruang kelas V, dinding bangunan ruang kelas VI yang berdampingan mengalami retak dan berpotensi ambruk. Guna menghindari hal-hal tidak diinginkan, pihak kepolisian langsung memasang garis polisi sekaligus melakukan olah tempat kejadian perkara. Penyebab ambruknya bangunan hingga kini masih dalam penyelidikan.

Bangunan kelas yang ambruk, merupakan proyek rehabilitasi yang menggunakan dana APBD, sebesar hampir Rp 300 juta. Demikian diberitakan pada Fokus, 16 Desember 2019.