VIDEO: Petugas BPBD Basmi Tawon Ndas di Lamongan Saat Malam Hari

Oleh Agustina Melani pada 14 Des 2019, 13:47 WIB
Diperbarui 14 Des 2019, 13:47 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengantisipasi serangan lebah jenis vespa affinis atau tawon ndas, sarang lebah yang berada di atap rumah warga, di Lamongan Jawa Timur dimusnahkan dengan cara dibakar oleh petugas BPBD kabupaten setempat.

Pembasmian serangga yang beberapa pekan terakhir ramai diberitakan tersebut dilakukan pada malam hari karena semua lebah beserta induknya berada di dalam sarang.

Warga gang Gelatik, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Kota Lamongan, dikejutkan adanya sarang lebah besar yang berada di atap rumah Sukaji, warga setempat. Sarang lebah jenis vespa affinis ini terlihat besar seperti bola basket, diperkirakan sudah sekitar dua bulan, tapi warga sekitar baru mengetahuinya.

Karena dianggap meresahkan serta mengantisipasi adanya korban sengatan lebah, warga setempat meminta bantuan petugas BPBD Lamongan untuk melakukan pembasmian.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lamongan yang mendapati laporan dari masyarakat langsung terjun ke lokasi. Beberapa alat yang sudah disiapkan untuk melakukan pembasmian dengan cara dibakar. Pembasmian sarang lebah, sengaja dilakukan pada malam hari, karena koloni lebah ini berada di dalam sarangnya beserta indukannya.

Sebulan terakhir ini petugas BPBD Lamongan, sudah membasmi dua sarang lebah, diharapkan pada masyarakat jika menemukan ada sarang lebah jenis vespa ini untuk segera menghubungi petugas, agar secepatnya dilakukan pembasmian guna mencegah ada korban sengatan tawon ndas atau vespa affinis. Demikian diberitakan pada Fokus, 12 Desember 2019.