VIDEO: BPCB Jawa Timur Teliti Temuan Arca Dewa Wisnu

VIDEO: BPCB Jawa Timur Teliti Temuan Arca Dewa Wisnu

Batu bergambar Dewa Wisnu Garuda, lengkap dengan penopangnya ditemukan di area persawahan milik warga di Magetan, Jawa Timur. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Jawa Timur didatangkan ke lokasi untuk melakukan pendataan.

Batu yang berada di tengah lahan persawahan milik Supar, warga Desa Manjung, Kecamatan Panekan, ini awalnya diduga hanyalah batu biasa. Namun setelah diamati, ternyata bentuknya unik karena mirip Dewa Wisnu Garuda.

Batu dengan panjang mencapai 150 cm, dan lebar 75 cm ini diduga benda yang bernilai sejarah, saat ditemukan berada di pematang sawah, di bawahnya bertulis huruf Jawa kuno.

Informasi dari petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB, Jawa Timur yang datang ke lokasi, Jumat 6 Desember 2019. Tulisan di batu terbaca 1099, atau sekitar tahun 1177 masehi, jaman kejayaan Kerajaan Kediri. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, 11 Desember 2019.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Magetan, arca ini ditemukan sudah lama yaitu pada 2017, dan sudah dilaporkan ke BPCB, Jawa Timur.

"Tentu ini perlu langkah-langkah penyelamatan, pelestarian. Jujur kami katakan bahwa kami hanya bisa melakukan kerjasama dengan BPCB di Trowulan, kami menghimbau kepada masyarakat Magetan, khususnya aparat desa, aparat keamanan untuk ikut menjaga situs tersebut yang kedepannya akan menjadi sarana pembelajaran anak-anak kita agar tetap lestari, sehingga mengetahui bahwa di Magetan dahulunya pernah ada peradaban," ungkap Venly Tomi Nicolas, Kepala Disbudpar Kabupaten Magetan.

Hingga kini, arca salah satu peninggalan benda bersejarah ini masih berada di lokasi. Petugas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, belum berani menggeser sedikitpun arca dari lokasi.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 December 2019, 19:14 WIB

Video Terkait

Spotlights