VIDEO: Jasa Penyeberangan Sungai di Jombang Terkena Imbas Solar Langka

Oleh Agustina Melani pada 21 Nov 2019, 14:20 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 14:20 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kelangkaan bahan bakar solar di sejumlah SPBU di Jombang, Jawa Timur berdampak bagi pengguna solar. Seperti jasa perahu penyeberangan yang biasa beroperasi di Kabupaten Jombang dan Kabupaten Nganjuk.

Sementara itu, di Probolinggo akibat solar dan premium langkah, para pengemudi angkutan umum dan barang kesulitan mencari bahan bakar.

Sejumlah perahu penyeberangan yang berada di sungai Desa Megaluh, Kecamatan Megaluh, Jombang, Jawa Timur ini terpaksa tak bisa beroperasi. Perahu yang digunakan warga sebagai jasa penyeberangan antar Kabupaten Jombang dan Kabupaten Nganjuk ini tak mendapatkan solar sebagai bahan bakar perahu.

Para pengelola perahu mengaku, kelangkaan bahan bakar solar sudah terjadi sejak 4 hari lalu. Meski sudah mencari di sejumlah SPBU, mereka juga tak mendapatkan solar, dengan alasan kekosongan solar. Tak beroperasinya perahu penyeberangan membuat pengelola mengaku rugi besar.

Sebab, dalam sehari mereka bisa menghasilkan Rp 500 hingga Rp 700 ribu, dari penggunaan 30 liter solar. Sejumlah pengelola jasa penyeberangan yang masih beroperasi, harus mencari BBM solar di wilayah Kabupaten Nganjuk. Berikut seperti diberitakan Liputan6, 20 November 2019.

Di Probolinggo, sejak dua hari terakhir, sejumlah SPBU kehabisan stok solar dan premium. Kondisi tersebut menyulitkan para pengemudi angkutan umum dan barang yang sangat bergantung pada jenis BBM ini.

Sejumlah kendaraan berat seperti truk dan pick up pengangkut barang, terpaksa putar balik karena stok BBM di SPBU habis. Terbatasnya stok solar ini, menurut para pengemudi, kelangkaan BBM hampir terjadi di seluruh SPBU di wilayah Probolinggo.

Sementara itu, petugas SPBU mengatakan pasokan yang biasanya 16 ton, kini hanya 8 ton. Sehingga dalam waktu singkat langsung habis. Bahkan pihaknya tak mengetahui mengapa pasokan ke SPBU dikurangi.

Selain BBM jenis solar, BBM jenis premium juga sulit didapat. Antrean warga untuk mendapatkan premium, beberapa hari ini sering terlihat di sejumlah SPBU, termasuk SPBU di Jalan Mastrip Kota Probolinggo ini.