VIDEO: Bunga Bangkai Amorphophallus Tumbuh di Pekarangan Warga Mojokerto

VIDEO: Bunga Bangkai Amorphophallus Tumbuh di Pekarangan Warga Mojokerto

Sebuah bunga bangkai dengan nama latin, Amorphophallus, tumbuh di pekarangan milik warga di Desa Kertosari, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Keberadaan bunga langka tersebut sontak mengeluarkan bau menyengat terutama jika malam hari, sehingga menjadi perhatian warga sekitar.

Inilah bunga bangkai yang tumbuh di pekarangan milik Majayin (50), warga Desa kertosari Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Rabu pagi.

Bunga dengan nama latin Amorphophallus ini diketahui tumbuh sejak tiga hari lalu, dengan tinggi 30 cm. Karena baru tumbuh, bunga bangkai ini masih memekarkan satu kelopak dengan putik sari berwarna kuning di batangnya. Berikut seperti ditayangkan Fokus, 14 November 2019.

Semula warga mengira jika bau yang menyengat di sekitar pekarangan Majayin, adalah bau bangkai hewan. Aroma tak sedap itu semakin terasa saat malam hari. Karena panasaran, warga lalu mencari asal dari bau menyengat tersebut dan menemukan sebuah tunas bunga yang baru tumbuh berwarna ungu yang dipenuhi serangga.

Meski sama-sama bunga raksasa dengan aroma tak sedap, namun Amorphophallus berbeda dengan Raflesia. Amorphophallus merupakan bunga raksasa yang memiliki tonggol atau menjulang ke atas, sementara Raflesia melebar ke samping dan dikategorikan tumbuhan parasit.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 November 2019, 21:00 WIB

Video Terkait

Spotlights