VIDEO: Polsek Wonokromo Tangkap 2 Pelaku Pembobol Rumah Saat Pesta Nyabu

Oleh Agustina Melani pada 10 Nov 2019, 13:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Dua pelaku pembobol rumah yang selama ini meresahkan masyarakat akhirnya ditangkap anggota Reskrim Polsek Wonokromo Surabaya. Keduanya ditangkap saat pesta sabu di sebuah rumah kos.

Dalam penggeledahan, polisi mendapatkan sepoket sabu dan alat hisap, serta sebuah linggis yang diakui sebagai alat yang digunakan untuk membobol 4 rumah yang ditinggal penghuninya.

Berikut seperti ditayangkan program Fokus, 8 November 2019, seperti inilah aksi pembobol rumah yang dilakukan oleh dua pelaku, AJ, warga Pandegiling Surabaya dan DI warga Jalan Tambaan Surabaya.

Dalam rekaman CCTV  kedua pelaku tampak berhenti di depan rumah kawasan Jalan Kampung Malang Surabaya. Satu pelaku selanjutnya masuk dan membobol ke dalam rumah dan menguras barang berharga. Sedang pelaku lain, menunggu di luar rumah korban dan mengawasi kondisi sekitar.

Awalnya, pengungkapan kasus pembobolan rumah kosong ini ketika anggota Reskrim Polsek Wonokromo, menerima laporan adanya pesta sabu yang digelar di sebuah tempat kos di Jalan Tegalsari Surabaya.

Dalam penggerebekan, polisi menyita paketan sabu dan alat hisap. Namun, di TKP polisi juga menemukan sebuah linggis dan sejumlah barang berharga. Polisi yang curiga lalu melakukan pemeriksaan intensif dan memeriksa rekaman CCTV.

Kedua pelaku akhirnya mengakui perbuatannya dan telah beraksi di empat rumah, semuanya dilakukan pada siang hari, ketika rumah ditinggal kerja penghuninya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal berlapis yakni tentang pasal penyalahgunaan narkotika dan tindak pidana pencurian disertai pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.