VIDEO: Melihat Kampung Tertib Lalu Lintas di Sidoarjo

Oleh Agustina Melani pada 09 Nov 2019, 20:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya angka kecelakaan di jalan raya, khususnya bagi generasi milenial, membuat keprihatinan bersama. Untuk menekan angka kecelakaan tersebut, warga Sidoarjo, Jawa Timur menciptakan kampung tertib lalu lintas, tak hanya terdapat rambu-rambu maupun tata tertib berlalu lintas, namun juga ada arena uji coba praktek berkendara roda dua, untuk mendapatkan SIM C.

Kampung tertib lalu lintas ini berada di Perumahan Kemiri Indah, RT 20 Desa Kemiri, Sidoarjo, Jawa Timur. Saat Anda berada di lokasi ini, akan dimanjakan dengan berbagai rambu-rambu dan tata tertib lalu lintas.

Di sepanjang jalan masuk perumahan ini juga terdapat imbauan untuk menggunakan helm SNI, tidak berkendara dalam keadaan mabuk, dilarang melawan arus dan melarang anak kecil menggunakan motor.

Hal ini dilakukan warga setempat untuk mengedukasi akan pentingnya mematuhi rambu-rambu dan tata tertib berlalu lintas sehingga angka kecelakaan bisa diminimalisir sedini mungkin.

Warga juga memanfaatkan tanah fasum untuk dijadikan arena praktek uji SIM C, atau latihan berkendara menggunakan roda dua. Sehingga ketika melakukan praktek SIM C di Mapolresta Sidoarjo sudah bisa dan lancar.

Kapolresta Sidoarjo Jawa Timur, Kombes Zain Dwi Nugroho, berharap akan banyak bermunculan kampung tertib lalu lintas. Tidak hanya di wilayah Kabupaten Sidoarjo, bahkan se-Indonesia.

Diharapkan masyarakat, khususnya generasi milenial kalangan usia 17-35 tahun dapat menaati segala aturan tertib berlalu lintas, serta menjadi pelopor tertib lalu lintas.