VIDEO: KA Wijaya Kusuma Anjlok di Magetan, Tak Ada Korban Jiwa

Oleh Agustina Melani pada 08 Nov 2019, 18:38 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Dua gerbong KA Wijaya Kusuma, jurusan Banyuwangi–Cilacap, anjlok di dekat Stasiun Barat, Magetan, Jawa Timur. Tidak ada korban dalam peristiwa ini, meski ratusan penumpang sempat terlantar. Dalam proses evakuasi, ada 13 kereta api yang mengalami keterlambatan datang di stasiun Madiun hingga 2 jam.

KA Wijaya Kusuma, jurusan Banyuwangi-Cilacap ini anjlok, ketika hendak memasuki stasiun Barat. Tepatnya di Desa Karangsono, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Dua gerbong, urutan ke-3 dan 4 dari depan, atau kereta penumpang dan makan, rodanya anjlok. Berikut diberitakan Liputan6, 7 November 2019.

Kejadian bermula, saat kereta api Wijaya Kusuma hendak memasuki stasiun Barat Selasa malam sekitar pukul 22.00 WIB. Mendadak terdengar suara benturan keras, sehingga menimbulkan asap. Semua penumpang panik berusaha keluar dari kereta.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya saja perjalanan kereta menjadi terganggu. Akibatnya, 151 penumpang terpaksa dievakuasi ke stasiun Barat, Magetan, yang jaraknya sekitar 100 meter.

Proses evakuasi dua gerbong KA Wijaya Kusuma dilakukan dengan mendatangkan crane dari Solo. Satu per satu gerbong kereta berhasil diangkat, dan Rabu siang jalur kereta api sudah mulai lancar.

Namun demikian, PT KAI Daop 7 Madiun, mengakui sejak anjlok hingga usai evakuasi, perjalanan kereta api mengalami gangguan. Dari data PT KAI Daop 7, ada 13 kereta api dari Jakarta maupun Surabaya, yang mengalami keterlambatan, hingga hingga 2 jam.

Ratusan penumpang KA Wijaya Kusuma ini sempat terlantar, tapi PT KAI Daops 7, menyediakan bus untuk mengangkut penumpang, menuju perjalanan selanjutnya.