VIDEO: Peneliti Temukan Situs Sejarah Mirip Sumur di Sidoarjo

VIDEO: Peneliti Temukan Situs Sejarah Mirip Sumur di Sidoarjo

Sebuah struktur bangunan mirip sumur, ditemukan di Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Tak hanya itu, di sekitar lokasi yang saat ini sebagian besar areal tambak, ditemukan konstruksi memanjang, berupa susunan bata besar, yang ditengarai bekas kota, atau bangunan peradaban masa lalu.

Sebuah bangunan mirip sumur yang tersusun rapi dari batu bata besar, ditemukan di wilayah Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Struktur bangunan batu bata kuno ini, ditengarai merupakan situs sejarah dari peradaban kuno yang ada di sekitar Desa Pepe.

Agung Handoko pemerhati sejarah yang berhasil menemukan adanya sumur di tambak gadung Desa Pepe ini, sebutkan disinyalir ada struktur bangunan di sekitar sumur ini.

Indikasi tersebut tampak dari adanya sebuah pohon yang roboh di sekitar sumur, namun akar pohon tak merambat ke bawah tanah, namun akar malah menyamping dan tak bisa menembus di sekitar tanah di lokasi sumur ini.

Tak sekadar temuan sumur semata, di sekitar lokasi tambak juga ditemukan struktur bangunan batu bata yang memanjang yang disinyalir ada peradaban di lokasi ini.

Diharapkan dengan ada temuan ini, pihak terkait segera melakukan tindak lanjut atas temuan tersebut, sehingga budaya dan peradaban yang ada di lokasi sekitar Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Sidoarjo bisa terungkap dan bisa menjadi bahan kajian sejarah bagi bangsa dan negara ini.

Berikut simak videonya pada Fokus, 30 Oktober 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 01 November 2019, 14:00 WIB

Video Terkait

Spotlights