VIDEO: Hari Santri Nasional, Komunitas Lintas Agama Kirab Bersama di Jember

Oleh Agustina Melani pada 24 Okt 2019, 10:55 WIB
Diperbarui 24 Okt 2019, 10:55 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Santri Nasional, ribuan santri di Jember, Jawa Timur, menggelar kirab dengan berpawai menyusuri jalan raya. Menariknya, tak hanya para santri, kirab juga diikuti oleh Komunitas Lintas Agama sebagai simbol keberagaman, toleransi, dan keberagaman Indonesia.

Ribuan santri di Kecamatan Balung, Jember, menggelar kirab dengan berpawai bersama menyusuri jalan raya. Kirab diikuti kalangan santri mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah hingga Aliyah, yang berasal dari berbagai sekolah maupun pondok pesantren. Berikut dilansir Fokus, 23 Oktober 2019.

Sebagian peserta juga tampak membawa sejumlah poster dan bendera merah putih, sehingga suasana terlihat semarak. Namun yang paling menarik adalah keikutsertaan puluhan anggota komunitas lintas agama dalam kirab ini, tanpa canggung, mereka terlihat sangat berbaur dengan kalangan santri.

Para santri berharap seluruh santri di Tanah Air bisa bersatu padu, demi kemajuan Bangsa Indonesia. Di sisi lain, kirab ini juga tak ubahnya simbol keberagaman, toleransi, dan keberagaman Indonesia karena juga diikuti komunitas lintas agama.

Perayaan menyambut hari santri ini, sebagai wujud suka cita dan apresiasi santri kepada pemerintah, yang telah menetapkan hari santri sebagai hari besar nasional. Antusias peserta kirab sendiri cukup tinggi dalam kirab kali ini. tercatat sekitar 4.600 santri terlibat dalam pawai ini.