VIDEO: Pakai Belerang, Petani di Jombang Basmi Hama Tikus

Oleh Agustina Melani pada 20 Okt 2019, 12:43 WIB
Diperbarui 20 Okt 2019, 12:43 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Merajalelanya hama tikus di sejumlah lahan pertanian jagung, membuat petani di Jombang, Jawa Timur, terus memutar otak untuk membasminya. Salah satunya, dengan menggunakan belerang dan tabung elpiji.

Cara ini diyakini ampuh untuk memberantas sarang hama tikus. Pasalnya, serangan hama tikus saat ini membuat petani jagung gagal panen. Berikut video liputannya pada Fokus, 18 Oktober 2019.

Beginilah sejumlah aktivitas petani jagung, yang berada di lahan pertanian Desa Plemahan, Kecamatan Sumobito, Jombang, Jawa Timur. Dengan gotong royong, sejumlah petani ini membasmi hama tikus, dengan menggunakan metode pengasapan di lubang tikus. Alat sederhana, seperti; belerang dan tabung elpiji terpaksa digunakan petani untuk mengatasi banyaknya serangan hama tikus, karena tak memiliki alat lain.

Dalam sistem pekerjaannya, belerang dimasukkan ke dalam lubang, kemudian dipanaskan dengan api dari tabung gas elpiji, hingga menimbulkan asap dan bau asap inilah, dipercaya bisa membasmi tikus yang berada di dalam lubang sarangnya.

Sejumlah petani berharap, meski menggunakan cara manual, bisa membantu para petani agar tidak terserang hama tikus.

“Karena di desa kami, hama tikus sangat merajalela, sehingga menghabiskan buah jagung, yang siap panen milik petani,” kata Siswandi, petani.

Sebelumnya, ratusan hektar tanaman jagung, milik petani di 2 kecamatan di Kabupaten Jombang, mengalami gagal panen, akibat serangan hama tikus. Hal ini mengakibatkan para petani merugi hingga ratusan juta rupiah, di musim tanam kali ini.