VIDEO: Mahasiswa Pertanian di Jember Kembangkan Sistem Irigasi Kuali

Oleh Agustina Melani pada 15 Okt 2019, 09:09 WIB

Diperbarui 15 Okt 2019, 09:09 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah krisis air yang melanda sejumlah wilayah sehingga berdampak pada sektor pertanian, ada solusi jitu yang ditawarkan sekelompok mahasiswa di Jember, Jawa Timur, ialah sistem irigasi kuali, sebuah metode pengairan unik, dengan memanfaatkan kuali tanah liat, untuk menghemat penggunaan air, bagi lahan pertanian saat kemarau. Seperti apa ? berikut liputannya pada program Fokus, 4 Oktober 2019.

Sistem irigasi pertanian selama ini dilakukan dengan memanfaatkan aliran sungai. Namun metode itu sering kali terkendala, terutama saat kemarau panjang tiba.

Untuk mengatasinya, Mahasiswa Jurusan Tanaman Hortikultura di Jember, mencoba mengembangkan sistem irigasi kuali. Seperti namanya, metode ini memanfaatkan kuali yang terbuat dari tanah liat, yang sangat efektif diterapkan saat musim kemarau. Sebab teknik ini mampu menghemat penggunaan air, sekaligus memaksimalkan fungsi air bagi tanaman pertanian.

Sistem ini sendiri cukup sederhana. Memanfaatkan sifat bahan dasar kuali yakni tanah liat, air dalam kendi yang ditanam di sela-sela tanaman, secara perlahan akan keluar melalui pori-pori kuali, sehingga dapat konsisten membasahi tanah di sekitarnya. Meski penggunaan air jauh lebih sedikit, dibanding sistem pengairan biasanya, namun hal ini tidak akan mempengaruhi kualitas tanaman.

Sebab air akan terus meresap keluar melalui pori-pori kuali, yang sangat halus, dan menggemburkan lahan pertanian. Petani bisa kembali melakukan pengisian air secara periodik. Adapun penghematan air dengan teknik ini bisa mencapai 60 persen.

Seperti diungkapkan Ana Khofifah, salah seorang mahasiswa, penghematan air ini, yakni 1 kuali dapat bertahan selama 1 minggu dalam penyiraman, sehingga petani tidak harus setiap hari menyiram tanaman semusim, yang sifatnya memang membutuhkan lebih banyak air, secara teknisnya, air tersebut akan keluar secara perlahan dari pori-pori kuali yang terbuat dari tanah.

Selain tanaman sayur, teknik irigasi kuali juga bisa diterapkan pada berbagai jenis tanaman hortikultura lainnya termasuk buah-buahan.