VIDEO: Kawasan Hutan Gunung Welirang Terbakar Ratusan Hektar

Oleh Agustina Melani pada 05 Okt 2019, 19:05 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan hektar kawasan hutan di lereng perbukitan Gunung Welirang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, terbakar. Hembusan angin yang kencang disertai cuaca yang panas, mengakibatkan kobaran api yang membakar pepohonan serta ilalang terus membesar hingga sulit untuk dipadamkan.

Hingga Kamis siang, kawasan hutan di lereng perbukitan Gunung Welirang di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto terbakar di enam titik.

Hembusan angin yang cukup kencang disertai cuaca panas, membuat kobaran api terus membesar dan merembet ke petak-petak hutan lainnya. Upaya pemadaman terus dilakukan oleh petugas di bantu para relawan. Berikut video liputannya pada Liputan6, 4 Oktober 2019.

"Hari Selasa titik api masih 6 titik, di Cemoro Cangkruk dan Puthuk Siwur mudah-mudahan dengan kita buat sekat dan kita halau sedemikian rupa, apinya bisa merembet, karena dua lokasi ini merupakan lokasi yang terjal dan curam," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini.

Terbakarnya kawasan hutan lereng perbukitan Gunung Welirang yang ditumbuhi pepohonan pakis dan cemara serta ilalang, terjadi sejak Selasa malam lalu. Namun, karena lokasi titik api berada di lereng perbukitan yang curam, menyulitkan upaya pemadaman. Petugas dan relawan hanya bisa berupaya api agar tak menyebar, dengan peralatan seadanya.

Penyebab kebakaran ratusan hektar kawasan hutan di lereng perbukitan Gunung Welirang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini belum diketahui pasti. Namun, di sinyalir ulah dari para pemburu liar yang sengaja membakar ilalang untuk mendapatkan hewan buruan.