VIDEO: Lahan Bekas Kebun Terbakar, Nyaris Hanguskan SD Plalangan Ponorogo

Oleh Agustina Melani pada 02 Okt 2019, 10:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kepanikan terjadi ketika api nyaris membakar bangunan Sekolah Dasar di Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Sejumlah siswa dan guru langsung keluar ruangan.

Mereka berusaha menyelamatkan diri. Area kebakaran tambah luas, karena cuaca panas ditambah kerasnya hembusan angin. Banyaknya bekas tanaman tebu yang kering membuat kobaran api semakin membesar, berikut videonya pada Liputan6, 1 Oktober 2019.

Namun, kondisi berangsur tenang, ketika dua unit mobil Pemadam Kebakaran tiba di lokasi. Sejumlah petugas pemadam kebakaran, langsung berusaha memadamkan api. Selain bangunan sekolah dasar (SD), kobaran api yang membesar juga nyaris membakar kantor desa, Taman Kanak-Kanak dan pemukiman warga.

"Begitu mendengar ada kebakaran, semua langsung keluar, dan khawatir jika sampai ke kios-kios dan balai desa dan Alhamdulillah, sudah bisa dipadamkan,” ujar Kepala Desa Ipin Hardianto.  

Pemadaman dilakukan petugas PMK, sebab cuaca panas dan angin kencang, berpotensi kembali menyebabkan kebakaran. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, apakah ada unsur kesengajaan ? Atau penyebab lain ?