VIDEO: Hiu Mati Terdampar di Pantai Kepanjen Jember

Oleh Agustina Melani pada 16 Sep 2019, 22:49 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Seekor ikan hiu tutul Sabtu siang ditemukan mati terdampar di Pantai Kepanjen, Kecamatan Gumuk Emas Jember. Kondisi hiu masih segar dan nampak masih mengeluarkan darah karena belum lama mati.

Menurut warga, ikan hiu tutul ini awalnya terdampar dalam kondisi hidup. Warga dan nelayan berusaha tarik ke tengah laut tapi gagal karena ombak yang besar. Ikan hiu dengan panjang lima meter dan berat satu ton akhirnya mati.

“Tapi tidak mampu kembali lagi, setelah itu ternyata karena ikan ini sakit parah akhirnya mati," ujar haryono, salah satu nelayan, seperti ditayangkan dalam program Fokus.

Petugas dinas perikanan dan kelautan langsung datang ke lokasi dan dilarang konsumsi daging hiu. Hiu Tutul muncul di Pantai Utara kini justru di Pantai Selatan.

“Disampaikan kepada masyarakat untuk jangan konsumsi hiu yang sudah mati. Dikhawatirkan terjangkit penyakit yang dampak kurang baik kepada konsumsi,” kata Imam Syafii Petugas Dinas Perikanan dan Kelautan.

Sementara itu, tak jauh dari lokasi, penyu hijau ditemukan dalam kondisi mati. Belum tahu jelas penyebab kematiannya. Kemungkinan tersangkut jaring nelayan habit penyu di Desa barnaong di sebelah Desa Kepanjen.