VIDEO: Polisi Bekuk Komplotan Pencopet Asal Surabaya yang Beraksi di Ngawi

Oleh Agustina Melani pada 12 Sep 2019, 16:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu dari enam copet asal Surabaya, Jawa Timur, yang berhasil ditangkap tim Resmob Polisi Resor Ngawi, ditembak. Pelaku, disergap setelah mobil yang mereka tumpangi, terjebak di jalan buntu, usai melakukan aksinya di alun-alun kota setempat.

Inilah 6 pelaku copet asal Surabaya, yang berhasil dibekuk tim Resmob Polres Ngawi. Satu di antara enam tersangka, ditembak kakinya, karena melawan saat ditangkap. Mereka adalah ES (34), DD (30), JS (42), RB (28), DH (24), serta AR (21), yang kakinya ditembak karena berusaha melawan.

Enam pelaku yang asli Surabaya, ditangkap di sebuah jalan buntu ketika berusaha kabur dari kejaran polisi, usai melakukan aksinya di arena konser musik di alun-alun kota Ngawi. Modusnya, salah satu pelaku, mengalihkan perhatian warga dengan cara menyalakan petasan.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa 7 buah handphone, dan 1 unit mobil rental yang digunakan pelaku melakukan aksinya. 

"Berangkat dari Surabaya bersama-sama dalam satu mobil sampai di Ngawi, persiapan menyusun rencana, begitu acara musik dimulai mereka langsung masuk ke lokasi, menyebar, mencari target melaksanakan aksi dengan pola, ada yang melempar petasan untuk mengalihkan perhatian, ada yang mengambil hp dari saku korban, semua total 7 orang, tapi 1 melarikan diri," ujar AKBP Pranatal Hutajulu, Kapolres Ngawi.

Guna pengembangan, kini 6 pelaku dijebloskan ke ruang tahanan. Sementara 1 pelaku lagi, yang identitasnya sudah dikantongi, dalam pengejaran, demikian seperti ditayangkan dalam program program Fokus, 10 September 2019.