VIDEO: Petani di Nganjuk Bobol Saldo ATM Milik Tetangganya

Oleh Agustina Melani pada 11 Sep 2019, 09:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda mendapat PIN ATM baru, sebaiknya langsung mengganti nomor PIN ATM dari PIN standar bank ke PIN pribadi, sebab di Nganjuk, Jawa Timur seorang pelaku yang berhasil mencuri ATM milik tetangganya itu berhasil membobol ATM dengan nomor PIN yang masih standar.

SM, warga Desa Sidokare, Rejoso, Nganjuk, Jawa Timur ditangkap polisi karena membobol ATM tetangganya bernama Suradi. Mulanya pelaku mencuri ATM milik tetangganya dan mencoba- coba menggunakan PIN ATM dengan PIN standar bank 1 hingga 6 digit angka. Karena nomor PIN korban belum diubah, maka pelaku dengan leluasa mengambil uang korban di sejumlah ATM, hingga mencapai saldo Rp. 129 juta.

Dihadapan polisi, pelaku mengaku baru sekali ini, saat rumah korban kosong, dan melihat ada ATM korban tergeletak di atas lemari, dan langsung diambilnya.

Pelaku berhasil ditangkap setelah pihak polisi mengetahui wajah pelaku di sejumlah ATM saat pengambilan uang tersebut, dan wajah pelaku dikenali oleh korban, demikian seperti yang diberitakan pada program Fokus, 5 September 2019.

Selain pelaku, polisi juga mengamankan motor hasil curian, uang sisa hasil pengambilan di ATM milik korban senilai Rp 25 juta. Polisi mengimbau kepada warga masyarakat agar segera mengganti nomor PIN ATM dengan nomor pribadi, dan tidak menulis PIN tersebut di manapun, tapi cukup untuk diingat saja.

Live Streaming

Powered by