VIDEO: Kekeringan Landa Magetan dan Pacitan

Oleh Agustina Melani pada 09 Sep 2019, 11:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kemarau panjang, menyebabkan waduk Gonggang di Magetan, Jawa Timur, kering. Selain ratusan hektar lahan pertanian tidak mendapat pasokan air, perusahaan air minum daerah, atau PDAM Lawu Tirta, juga kesulitan mendapat pasokan air.

Sementara di Pacitan, puluhan warga yang tinggal di wilayah perbukitan harus berjalan kaki 1 kilometer untuk mendapat air bersih. Beginilah kondisi bendungan Gonggang di Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan sejak kemarau 4 bulan lalu.

Bendungan yang dibangun 2006, hanya menyisakan sedikit air, bahkan saat ini hampir semua dasar waduk yang terletak di aliran sungai Gonggang, retak-retak.

Waduk yang memiliki tinggi 60 meter, panjang sekitar 234 meter, mampu menampung air hingga 22 juta meter kubik, kini kondisinya kering sehingga membuat ribuan hektar lahan pertanian di sekitar waduk tak teraliri air.

Bahkan keringnya bendungan, juga berdampak kepada suplai air bersih untuk 5.000 warga di tiga kecamatan. Mulai Kecamatan Parang, Lembeyan dan Ngariboyo.

Sementara itu, kesulitan air bersih di Pacitan juga meluas, akibatnya puluhan warga yang tinggal di dua dusun di wilayah perbukitan Dusun Kegitan, Desa Kalibelut, Kecamatan Kebonagung, Pacitan kesulitan air.

Semua sumber mata air di wilayah ini mengering, hampirĀ empat bulan ini warga harus berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilometer, untuk mendapatkan seember air, itupun mereka kadang harus menunggu berjam-jam agar air di sumber terisi.

Saat ini, sumber air kali Gugit menjadi satu-satunya harapan warga di Dusun Bibit dan Batu Lapak, Desa Kalipelus untuk kebutuhan sehari-hari. Warga berharap pemerintah setempat segera turun tangan menyediakan air bersih, demikian seperti yang diberitakan oleh Liputan6, Rabu, 4 September 2019.

Yuk saksikan videonya

Live Streaming

Powered by