Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung Saat Libur Lebaran

Oleh Huyogo Simbolon pada 01 Jun 2019, 03:00 WIB
Diperbarui 02 Jun 2019, 19:13 WIB
5 Gaya Libur Panjang Anti Ribet Tanpa Harus Ke Luar Kota

Liputan6.com, Bandung Libur Lebaran telah tiba. Pemudik dari berbagai penjuru kota mulai bergerak ke kampung halaman. Inilah saatnya momen berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman.

Namun, jika berkunjung ke sanak famili hanya menjadi agenda rutin dan pertanyaan “kapan nikah” mulai menjadi teror, mulailah persiapkan jawaban jitu. Selagi menyiapkan jawaban elegan, tak ada salahnya merancang agenda libur lebaran ke beberapa tempat wisata.

Di Bandung, Jawa Barat, ada sederet destinasi wisata yang mengesankan. Berikut referensi tempat wisata di Bandung yang Liputan6.com rangkum.

2 of 2

Alun-alun Sampai Kawah Putih

The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya menjadi zalah satu rekomendasi tempat wisata di Bandung utara. (Huyogo Simbolon)

1. Alun-alun Kota Bandung

Menjelajah Kota Bandung sebagai tempat favorit berlibur tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke kawasan Alun-alun. Tempat wisata dalam kota yang memiliki taman beralaskan rumput sintetis itu bahkan sudah ramai didatangi wisatawan sejak Ramadan.

Berwisata ke Alun-alun memang paling murah meriah. Di sini, ada banyak wahana bermain sepuasnya sambil membawa bola atau permainan lainnya.

Alun-alun yang berada di pusat kota ini menjadi wisata belanja alternatif, karena di sekitar lokasi terdapat toko perbelanjaan.

Untuk menambah keceriaan liburan Lebaran, Anda bisa menjelajahi menara Masjid Alun-alun. Berjalan sedikit ke Jalan Asia Afrika, terdapat Gedung Merdeka, dan Jalan Braga. Di sini Anda bisa berfoto-foto dengan latar kawasan paling populer di Bandung.

2. Kebun Binatang Bandung

Masih di sekitaran kota, Kebun Binatang Bandung selalu menjadi primadona berlibur di Bandung. Bahkan setiap tahunnya Kebun Binatang Bandung menjadi tujuan wisata keluarga, baik hari libur biasa maupun libur hari raya.

Wahana satwa yang dikelola oleh Yayasan Margasatwa Taman Sari Bandung ini menawarkan tempat rekreasi keluarga dengan harga terjangkau. Adapun jam operasionalnya, buka dari pukul 08.30 hingga 17.00 WIB.

Kebun Binatang Bandung juga menyiapkan parade satwa saat libur tertentu. Parade ini akan menampilkan hewan-hewan yang menarik.

3. The Lodge Maribaya

Jika ingin pergi ke tempat wisata di luar Kota Bandung, The Lodge Maribaya adalah pilihan tepat. Berlokasi di Desa Cibodas Maribaya, lokasi wisata ini awalnya hanya menyediakan fasilitas untuk outbound dan berkemah.

Namun, sejak kemunculannya pada 2016 hingga kini, pengelola mengembangkannya menjadi pariwisata kreatif yang menyediakan berbagai wahana dan spot foto yang unik.

Dalam mengisi libur Lebaran kali ini, pengunjung bisa berfoto dengan sedikit ekstrem, misalnya berfoto sambil bersepeda di atas awan, berayun di atas awan hingga seolah-olah melakukan hang gliding di wahana gantole. Tenda-tenda unik juga disediakan di sini.

4. Tangkuban Perahu

Siapa tak kenal dengan tempat wisata yang satu ini? Wahana wisata gunung dan kawah paling terkenal di Bandung ini sering menjadi tujuan wisatawan saat libur hari biasa, termasuk Lebaran.

Lokasinya hanya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandung menuju ke arah utara. Selain itu, harga tiket masuk ke Tangkuban Perahu cukup terjangkau. Rp 22 ribu (hari biasa) dan Rp 31 ribu (hari libur atau weekend) per orangnya.

Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang tersaji bersama keluarga atau kerabat saat mengisi liburan nanti.

5. Kawah Putih

Hari pertama dan kedua Lebaran pasti diisi dengan acara silaturahmi. Tidak ada salahnya jika jalan-jalan bisa dilakukan hari berikutnya. Coba saja melancong ke arah Bandung Selatan.

Di sana ada Taman Wisata Alam Kawah Putih yang berada di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jika mengunjungi tempat ini, kita dapat menikmati udara sejuk di tengah hutan. Kawahnya tampak berwarna putih kebiruan dengan pasir putih terhampar cocok bagi yang suka mengabadikan gambar dengan kamera.

Selain itu di sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa dijelajahi pengunjung. Wisatawan lokal cukup membayar dengan kocek Rp20 ribu. Sementara jam operasional destinasi wisata alam ini dimulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓